Pengaruh Penggunaan Multimedia terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMPN 3 Makassar
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/cse.v1i3.40329
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arsyad, A. (2010). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.
Azys, R., Taiyeb, A. M., & Muis, A. (2017). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Peredaran Darah. Prosiding Seminar Nasional Biologi dan Pembelajarannya, (pp. 461-466). Makassar.
Dewi, I. D., Untung, R., & Reni, M. (2012). Audio Visual As One Of The Teaching Resources On Ilearning. ISSN: 1978-8282, 142.
Kunandar. (2014). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Kurnaeni, N., Sudarto, & Ramlawati. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 15 Makassar. Jurnal IPA Terpadu.
Majid, A. (2017). Penelitian Autentik Proses dan Hasil Belajar. Bandung: Remaja Rosdekarya.
Mulyani, I. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Video Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII SMP Negeri 2 Pracimantoro Wonogiri. Lumbung Pustaka Universitas Negeri Yogyakarta.
Munadi, Y. (2008). Media Pembelajaran (Sebuah Pendekatan Baru). Gaung Persada (GP).
Permendikbud. (2014). Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik pada Pendidikan Menengah. Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Popo, M. K. (2018). Perbedaan hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Pada Manusia Dengan Menggunakan Media Powerpoint Dan Media Torso. Bioedusiana, 65-66.
Pranowo, T. E., Siahaan, P., & Setiawan, W. (2017). Penerapan Multimedia Dalam Pembelajaran IPA Dengan Metode Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Perpindahan Kalor Siswa Kelas VII. Jurnal Wahana Pendidikan Fisika, 2.
Purwono, J., Yutmini, S., & Anitah, S. (2014). Penggunaan Media Audio-visual pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 131.
Rusman, Kurniawan, D., & Riyana, C. (2015). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.
Sudjana, N. (2005). Metode Statistik. Bandung: Tarsito.
Sudjana, N. (2006). Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: ALFABETA.
Sugiyono. (2016). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: 2016.
Suhaendra, I., Enawati, E., & Melati, H. A. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Audiovisual dalam Pembelajaran Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Materi Unsur, Senyawa dan Campuran. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Katulistiwa.
Tiro, M. A. (2008). Dasar-Dasar Statistika Edisi Ke Tiga. Makassar: Askara Publisher.
Tiro, M. A. (2015). Dasar-dasar Statistika Edisi ke empat. Makassar: Andira Publisher.
Yanti, H., Wahyuni, S., Maryani, & Putra, P. D. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Disertai Drills Pada Pokok Bahasan Tekanan Di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 349-350.
Yunita, D., & Wijayanti, A. (2017). Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Ipa Ditinjau Dari Keaktifan Siswa. Jurnal LP3M Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta, 159.
Article Metrics
Abstract view : 20 times | PDF view : 3 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Eka Ferawaty, Ramlawati Ramlawati, Sitti Saenab
Email: [email protected]
Indexed by:
CSE: Celebes Science Education is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.