Pengembangan Instrumen Assesmen Literasi Sains Berbasis Kontekstual pada Materi Koloid
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/cer.v7i2.63011
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afifah, S., & Yusmaita, E. (2019). EduKimia Journal Perancangan Assesmen Literasi Kimia Pada Materi Termokimia Kelas XI SMA/MA Design of Chemical Literacy Assessment for Thermochemistry Topic for 11 th Grade Senior High School. 1. http://edukimia.ppj.unp.ac.id/ojs/index.php/edukimia/Artikelriset
Anisa, D., & Mitarlis. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berwawasan Green Chemistry Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Pada Materi Larutan Elektrolit Dan Non Elektrolit Development Of Student Worksheet With Green Chemistry Insight To Increase Science Literacy Ability Of Student In Matter Of Electrolyte And Non Electrolyte Solution. Dalam UNESA Journal of Chemical Education (Vol. 9, Nomor 3).
Afifah, S., & Yusmaita, E. (2019). EduKimia Journal Perancangan Assesmen Literasi Kimia Pada Materi Termokimia Kelas XI SMA/MA Design of Chemical Literacy Assessment for Thermochemistry Topic for 11 th Grade Senior High School. 1. http://edukimia.ppj.unp.ac.id/ojs/index.php/edukimia/Artikelriset
Anisa, D., & Mitarlis. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berwawasan Green Chemistry Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Pada Materi Larutan Elektrolit Dan Non Elektrolit Development Of Student Worksheet With Green Chemistry Insight To Increase Science Literacy Ability Of Student In Matter Of Electrolyte And Non Electrolyte Solution. Dalam UNESA Journal of Chemical Education (Vol. 9, Nomor 3).
Arikunto, S. (2016). Dasar-dasar evaluasi pendidikan (Restu Damayanti, Ed.). Bumi Aksara.
Azwar, S. (2022). Reliabilitas dan Validitas (H. el Jaid & A. Mumtaz, Ed.; 4 ed.). Pustaka Pelajar.
Bortnik, B., Stozhko, N., & Pervukhina, I. (2021). Context-based testing as assessment tool in chemistry learning on university level. Education Sciences, 11(8). https://doi.org/10.3390/educsci11080450
Hayati, D. K., Sutrisno, S., & Lukman, A. (2014). Pengembangan Kerangka Kerja TPACK pada Materi Koloid untuk Meningkatkan Aktivitas Pembelajaran dalam Mencapai HOTS Siswa. Edu-Sains: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 3(1). https://doi.org/10.22437/jmpmipa.v3i1.1766
Muliaman, A., Sakdiah, H., Wahdi Ginting, F., & Sabrin, N. (2022). Analisis Employability Skill Dan Literasi Sains Siswa Melalui Authentic Self-Assessment Pada Kurikulum Merdeka Di Sma Aceh Utara.
OECD. (2022). Are Students Ready to Take on Environmental Challenges? OECD. https://doi.org/10.1787/8abe655c-en
Retnawati, H. (2017). Reliabilitas Instrumen Penelitian.
Saputro, B. (2021). Best Practices Penelitian Pengembangan (Research & Development) Bidang Manajemen Pendidikan IPA. Academia Publication.
Septiani, D., Widiyawati, Y., & Nurwahidah, I. (2019). Pengembangan Instrumen Tes Literasi Sains Pisa Aspek Menjelaskan Fenomena Ilmiah Kelas VII. Dalam Science Education and Application Journal (Vol. 1, Nomor 2). http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/SEAJ
Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Literasi Media Publishing.
Sudrajat, A., Permanasari, A., Zainul, A., & Buchari. (2012). Pengembangan Rubrik Asesmen Untuk Mengukur Kompetensi Mahasiswa Merencanakan Praktikum. Jurnal Pendidikan MIPA, 13(2). https://doi.org/10.23960/jpmipa/v13i2.pp89-95
Putri, A. A., Hussain, H., & Ramdhani. (2022). Pengembangan Instrumen Tes Literasi Sains pada Dimensi Pengetahuan Materi Asam Basa. SCIENCE: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Dan IPA, 2, 536–547.
Ültay, N., & Calik, M. (2015). A Comparison of Different Teaching Designs of ‘Acids and Bases’ Subject. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 12(1). https://doi.org/10.12973/eurasia.2016.1422a
Yusuf, A. M. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Prenada Media.
Article Metrics
Abstract view : 16 times | PDF view : 3 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal dipublikasikan oleh: Program Studi Pendidikan Kimia
Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
Alamat JL. Bonto Langkasa Gunung Sari Makassar, 90222
Kampus PPs UNM Makassar Gedung AD ruang 406 Lt 4, Indonesia.Phone 082393643737/085145825311/085242228678
CER UNM Indexed by:
Chemistry Education Review (CER) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.