Pengembangan video Animasi Berbasis Prezi dalam Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Pokok Reaksi Oksidasi Reduksi

Normalia Nasir(1*), Muhammad Anwar(2), Wahida Sanusi(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/cer.v7i2.63002

Abstract


This study aims to examine: (1) the process of developing Prezi-based animated video media in the Discovery Learning Model and (2) the validity, practicality, and effectiveness of Prezi-based animated video media in the Discovery Learning Model. This type of research is Research and Development (R&D), which research procedures following the development of ADDIE. The results of the study show that the validity of Prezi-based animated video media in the Discovery Learning Modelon Oxidation Reduction Reaction material is declared valid and feasible to be used. The finding is based on the validation results by expert validators with a validation value of 3.40 or in valid category. Prezi-based animated video media concluded to be practical and effective because the practicality test of Prezi-based animated video media is related to (1) the implementation in the Discovery Learning Modelis at an average value of M = 1.98 in the category (1.5 ≤ M ≤ 2.0) which means that the aspects and criteria observed are in fully implemented category, (2) the teacher’s response with a percentage of 87.50% with a very practical category and students’ responses with a percentage of 90.20% with a very practical category. Prezi-based animated video media also meets the effective criteria with the results of (1) an increase in students' learning interest from 55.11% to 74.14%, (2) the completeness or achievement of KKM who obtained a score above 75 is 20 people (86.95%) which overallis declared to meet the minimum subject completeness criteria.

Keywords


Development; Prezi-Based Animated Video Media; Learning Interest; Learning Outcomes.

Full Text:

PDF

References


Agustiningsih. (2015). Video Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Dalam Rangka Mendukung Keberhasilan Penerapan Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Pancaran, 4(1).

Antika, Y., & Suprianto, B. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Prezi sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kompetensi Dasar Aplikasi Rangkaian Op Amp Mata Pelajaran Rangkaian Elektronika di SMK Negeri 2 Bojonegoro. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5(2), 493– 497.

Anugrah, Nur Irawan., & Deden. 2022. Meningkatnya Minat Belajar Melalui Media Video Animasi Canva Mat Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS 6. Kompetensi Universitas Balikpapan, 15(1).

Arikunto, S., Suhardjono., & Supardi. 2015.Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Asiyah, Alvina Siti., dkk. 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Berbasis Prezi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Menggunakan Model Assure. Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia, 5(1).

Branch. R.M. 2009. Intructional Design: The ADDIE Approach. New York: Springer.

Dahar, Ratna Wilis. 2006. Teori-Teori Belajar dan Pembelajar. Bandung: Erlangga.

Darmadi. 2017. Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish.

Dewi, K. P., & Latifah, L. 2016. Efektivitas Metode Problem Posing Berbentuan Media Prezi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Jurnal Penyesuaian. Economic Education Analys Journal, 5(1).

Fitriyanti, Indri., & Agus Suprijono. 2016. Pengaruh Penggunaan Media PreziTerhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IPS Di SMAN 1 Tarik Sudoarjo. Avatar, e-Journal Pendidikan Sejarah, 4(3).

Hamalik. 2003. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamid, Mustofa Abi., dkk. 2020. Media Pembelajaran. Jakarta: Yayasan Kita Menulis.

Hundhana, Winda Dwi & Hamda Siti Hamsanah Fitriani. 2020. Pengembangn Media Prezi Pada Pembelajaran Menulis Cerita Pendek Siswa Kelas XI SMA Se-Kota Tangerang Di Era Digital. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing, Vol. 3, No. 2.

Imam Rahayu. 2009. Praktis Belajar Kimia untuk Kelas X Sekolah Menangah Atas. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Irvan Permana. 2009. Memahami Kimia SMA/MA untuk Kelas X Semester 1 dan 2. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Johsntone, A. H. 1991. Why is Sience Difficult to Learn? Things are Seldom What They Seems.Jurnal of Computer Assisted Learning, 7,75-83.

Kemendikbud. 2013. Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning). Jakarta: Kemendikbud.

Kemendikbud. 2014. Model Penilaian Peserta Didik SMA. Jakarta: Kemendikbud.

Komalasari, Kokom. 2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.

Lisniasari. (2021). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Yang Beragama Budha (Suherman, Ed.; Pertama, p. 27). Insan Cendekia Mandiri.

Mahyuddin, R. S., Wati, M., & Misbah, M. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Zoomable Presentation Berbantan Software Prezi Pada Pokok Bahasan Listrik Dinamis. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(2): 229-240.

Mais, Asrorul. 2016. Media Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khususu. Surabaya: Pustaka Abadi.

Martin, A & Flenning J. (2010). Cooperative education outdoor education. Australian Journal of Outdoor Education, 14(1), 41-48.

Mawar dan Mariati. 2016. Komparasi Model Pembelajaran Discovery Learning dan Problem Solving Ditinjau dari Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas 3 SD di Gugus Diponegoro. Scholaria. 6(1): 127-147.

Mudrikah, Saringatun. 2021. Perencanaan Pembelajaran Di Sekolah Teori dan Implementasi. Jakarta: Pradina Pustaka.

Munir. 2008. Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Mustabsyira., Taty Sulastry., & Sumiati Side. 2020. Pengaruh Penggunaan Media Animasi Pada Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Kimia Peserta Didik Kelas X MIA SMAN 1 Gowa (Studi Pada Materi Reaksi Oksidasi Dan Reduksi). Jurnal Chemica, Vol 21 Nomor 2, 142-149.

Namzi, Muhammad. 2017. Penerapan Media Animasi Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Geografi Di SMA PGII 2 Bandung. Jurnal Pendidikan Geografi, 17(1).

Nurdin, Syaefuddin dan Basyiruddin Usman. 2003.Guru Profesional & Implementasi Kurikulum. Jakarta: Ciputat Press.

Nurseto, Tejo. 2011. Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi & Pendidikan. 8(1): 19-35.

Oka, Gede Putra Arya. 2017. Media dan Multimedia Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Prayoga, Indra. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Prezi Untuk Siswa SMP Kelas VIII Materi Puasa. Undergraduate Thesis. UIN Raden Intan Lampung.

Rahmat, Abdul., dkk. 2021. Model Mitigasi Learning Lose Era Covid 19 Studi Pada Pendidikan Nonformal Dampak Pendidikan Jarak Jauh. Yogyakarta: Samudra Biru.

Rayanto, Y.H & Sugianti. 2020. Penelitian Pengembangan Model ADDIE dan R2D2: Teori danPraktek. Pasuruan: Academic & Research Instituse Publisher.

Retnawati, H.2016. Validasi Reliabilitas & Karakter Butir (Panduan Untuk Peneliti, Mahasiswa, dan Psikometrian) Berbasis Software. Yogyakarta: Nuha Medika.

Rodhi, M. Y. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Prezi Untuk Meningkat Ketrampilan Berpikir Kritis Pada Materi Kalor. Invoasi Pendidikan Fisika, 3(2).

Sadiman, A. S., Rahardjo, R., Haryono, A., & Rahardjito. (2006). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Raja Grafindo Persada.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya.Jakarta. PT. Rineka Cipta.

Sobirin. 2016. Kurikulum 2013 Disekolah Dasar. Yogyakarta: Deepublish.

Subana, dkk. 2000. Statistik Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Sudijono, A. 2010. Pengantar Statistika Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rodakarya.

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Proses Hasil Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode Penilitian Pendidika. Bandung: Alfabeta.

Suryani dan Agung (dalam Nunuk Suryani, 2018). Media Pembeljaarann Inovatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suryosubroto, B. 2002. Proses Belejar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT Rinekan Cipta.

Susetyo, Budi. 2010. Statistika untuk Analisis Data Penelitian. Bandung: PT. Refika Aditama.

Susilan, Rudi dan Cepi Riyana. 2008. Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Suwartini, Sri. 2007. Pendidikan Karakter Pembangunan Sumber Daya Manusia Keberlanjutan. Trihay: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, Vol 4 Nomor 1: 220-234.

Sya’bania, Nursina., Muhammad Anwar., & Muhammad Wijaya. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Dengan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik. Journal of Chemical Information and Modeling 53; no. 9: 1689-1699.

Syah. 2004. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tegeh, I.M. & Kirna, I.M. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan ADDIE model. Jurnal IKA,Universitas Pendidikan Ganesha, 11(1): 12-16.

Wahjudi, Eko. 2015. Penerapan Discovery Learning Dalam Pembelajaran IPA sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IX-I Di SMP Negeri 1 Kelianget. Jurnal Lentera Sains (Lensa). 5:1-15.

Wening Sukmawati. 2009. Kimia untuk SMA dan MA Kelas X. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Wibawanto, Wandah. (2017). Desain dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif. Jember: Penerbit Cerdas Ulet Kreatif.

Widowati, C., & Purwanto, A.(2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Prezi Dalam Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Sistem Pernapasan Makhluk Hidup. Proceedings-Open Access Journal.


Article Metrics

Abstract view : 11 times | PDF view : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal dipublikasikan oleh: Program Studi Pendidikan Kimia

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Alamat JL. Bonto Langkasa Gunung Sari Makassar, 90222

Kampus PPs UNM Makassar Gedung AD ruang 406 Lt 4, Indonesia.Phone 082393643737/085145825311/085242228678

CER UNM Indexed by:

Creative Commons License
Chemistry Education Review (CER) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.