Pengembangan E-Modul Berbasis Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 14 Makassar
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/cer.v7i1.53799
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agusti, M., Sura, M, G., dan Febrian., S. (2021). Pengembangan E-modul Kimia Menggunakan E-xe Learning Berbasis Learning Cycle 5E pada Materi Larutan Penyangga. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kimia, 5(2), 198-205.
Anggraini, D, L., Yulianti, M., Nurfaizah, S., dan Pandiangan, A, P, B. (2022). Peran Pendidik dalam Mengembangan Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sosial, 1(3), 290-298.
Anisa, Y. (2022). Peran Channel Youtube Sebagai Media Alternatif untuk Membantu Proses Pembelajaran Matematika dan Media Informasi pada Tingkat Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 7(1), 13-21.
Arigiyati, T. A., Kuncoro, K. S. dan Kusumaningrum, B. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Smartphone bagi Guru SD Muhammadiyah Girikerto. Jurnal Kanigara, 1(2), 140-149.
Darwis, D., Ella, F., dan Dian, S. (2020). Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Learning Cycle 5E pada Pembelajaran Kimia Materi Asam-Basa. Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 10(1), 9-17.
Haerullah, A., dan Said, H. (2017). Model & Pendekatan Pembelajaran Inovatiif (Teori dan Aplikasi). Yogyakarta: CV Lintas Nalar.
Indriani, N., Indrianis, S., dan Lu’ul’ul, M. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembentukan Karakter Disiplin Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 17(1), 242-252.
Kemendikbudristek. (2022). Buku Saku Tanya Jawab Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kemetrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Mulayasa. (2009). Kurikulum yang Disempurnakan. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Susetyo, B. (2015). Prosedur Penyusunan & Analisis Tes untuk Peskoran Hasil Belajar Bidang Kognitif. Bandung: Refika Aditama.
Ulfa, N., dan A., S. (2021). Pengembangan E-modul Asam Basa Berbasis Literasi Sains. Jurnal Edukimia, 3(3), 161-166.
Pamularsih, B., dan Samsi, H. (2020). Pengembangan E-Modul Kimia Berbasis Discovery learning Pada Pokok Bahasan Koloid. Journal of Educational Evaluation Studies (JEES), 1(2), 91-102.
Setiadi, T., & R., Zainul. (2019). Pengembangan E-modul Asam Basa Berbasis Discovery Learning untuk Kelas XI SMA/MA. Journal EduKimia, 1(1), 21-27.
Widyaningrum,. Anggita, C., dan Suparni. (2023). Inovasi Pembelajaran Matematika dengan Model Discovery Learning pada Kurikulum Merdeka. Journal of Mathematics Education and Applied, 4 (2), 186-193.
Wirda, Y., Ikhya, U., Ferdi, W., Nur, L., dan Sisca, F. (2020). Faktor-Faktor Determinan Hasil Belajar Siswa. Jakarta: Puslitjakdikbud.
Yuliana, V., Jimmi, C., dan Maria, E. (2023). Pengembangan E-Modul Kimia Interaktif Berbasis Pendekatan Saintifik Menggunakan Liveworksheets pada Materi Laju Reaksi. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 17(1), 1-12.
Article Metrics
Abstract view : 122 times | PDF view : 21 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal dipublikasikan oleh: Program Studi Pendidikan Kimia
Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
Alamat JL. Bonto Langkasa Gunung Sari Makassar, 90222
Kampus PPs UNM Makassar Gedung AD ruang 406 Lt 4, Indonesia.Phone 082393643737/085145825311/085242228678
CER UNM Indexed by:
Chemistry Education Review (CER) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.