Pengembangan Media Animasi Larutan Penyangga dalam Model Pembelajaran Berbasis Masalah Ditinjau dari Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI IPA SMAN 5 Makassar
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/cer.v7i1.53669
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Eli, R.N dan Sari. (2018). Pembelajaran Sistem Koloid melalui Media Animasi untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Tadris Kimiya, 3(2)¸ 135-144.
Kustandi, C., dan Daddy D . (2020). Pengembangan Media Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Mastura. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Proses Pengajaran bagi Guru dan Siswa. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 3(2), 289-295.
Mulyaningsih, I.E. (2014). Pengaruh Interaksi Sosial Keluarga, Motivasi Belajar, dan kemadnirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 20(4), 441-451.
Nurhayati, S., Ifriany dan Ira, L. (2014). Pengaruh Video-Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMAN 5 Pontianak pada Materi Kesetimbangan Kimia. Skripsi Sarjana, Universitas Tanjungpura, Pontianak.
Prasetyo, Y.D., Resti Y. dan Mar’attus S. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Android Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa SMA. Prosiding disampaikan dalam Kegiatan Seminar Nasional Pendidikan Sains, FKIP UNS.
Pratomo, A., dan Agus I. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Menggunakan Metode Hannafin dan Peck. Jurnal Postif, 1(1), 14-28.
Ristiyani, E. dan Evi S. B. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Kimia Siswa di SMAN X Kota Tangerang Selatan. JPPI, 2(1), 18-29.
Salempa, P., Subhan dan Muhammad D. (2018). Pengaruh Media Animasi dalam Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Aktivitas Belajar Peserta Didik pada Materi Kesetimbangan Kimia. Chemistry Education Review, 1(2), 125-141.
Sanjiwani., Muderawan IW dan Sudiana. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Kimia pada Materi Larutan Penyangga di SMA Neger 2 Banjar. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha. 2(2), 75-82.
Sukiyasa, Kadek dan Sukoco. (2013). Pengaruh Media Animasi Terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Siswa Materi Kelistrikan Sistem Otomotif. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1), 126-137.
Article Metrics
Abstract view : 148 times | PDF view : 45 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal dipublikasikan oleh: Program Studi Pendidikan Kimia
Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
Alamat JL. Bonto Langkasa Gunung Sari Makassar, 90222
Kampus PPs UNM Makassar Gedung AD ruang 406 Lt 4, Indonesia.Phone 082393643737/085145825311/085242228678
CER UNM Indexed by:
Chemistry Education Review (CER) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.