Pengembangan Penuntun Praktikum Laju Reaksi Berbasis Green Chemistry Studi pada Peserta Didik Kelas XI IPA MAN Tana Toraja
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/cer.v6i2.45205
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Astuti, Tri. (2015). Manajemen Praktikum Pembelajaran IPA. Manajer Pendidikan, 9(1), 57-64.
Cahyadi, R.A.H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ADDIE Model. Halaqa: Isamic Education Journal, 3.
Chang, Raymond. (2004). Kimia dasar: konsep-konsep inti jilid 1 edisi ketiga. Jakarta: Erlangga.
Djamarah, Syaiful B. & Aswan Zain. (2010). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
EPA. (2013). Green chemistry. Diakses di http://www.epa.gov/greenchemistry/ tanggal 11 Februari 2022.
Fellet, Melissae. (2013). Green chemistry and engineering: towards a sustainable future. United States: American Chemical Society.
Lancaster, Mike. (2002). Green chemistry: an introductory text. Cambridge: The Royal Society of Chemistry.
Meltzer. (2002). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Nasution, (2013). Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Dan Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.
Pleissner, Daniel. (2017). Green chemistry and the leisure industry: New business models for sustainability. J. Elsevier, Current Opinion in Green and Sustainable Chemistry, 8, 1-4.
Prastowo, Andi. (2011). Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif: Menciptakan metode yang menarik dan menyenangkan. Diva Press.
Purnami, Ing Wardana, Veronika K. (2015). Pengaruh Pengunaan Katalis Terhadap Laju Dan Efisiensi Pembentukan Hidrogen. Jurnal Rekayasa Mesin, 6(1), 51-59.
Ravichandran, S. (2011). Green chemistry for sustainable development. Asian Journal of Biochemical and Pharmaceutical Research, 1(2), 129-135.
Saputro, Budiyono. (2017). Manajemen Penelitian Pengembangan (Research & Development) bagi Penyusun Tesis dan Disertasi. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Article Metrics
Abstract view : 199 times | PDF view : 40 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal dipublikasikan oleh: Program Studi Pendidikan Kimia
Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
Alamat JL. Bonto Langkasa Gunung Sari Makassar, 90222
Kampus PPs UNM Makassar Gedung AD ruang 406 Lt 4, Indonesia.Phone 082393643737/085145825311/085242228678
CER UNM Indexed by:
Chemistry Education Review (CER) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.