Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Sejarah Secara Daring pada Masa Pandemi Covid 19 Kelas XI MIPA 3 SMA Negeri Makassar Tahun Ajaran 2021/2022

Andriani Andriani(1*), M. Rasyid Ridha(2), Jumadi Jumadi(3),

(1) Prodi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum UNM
(2) Prodi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum UNM
(3) Prodi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum UNM
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk Untuk Mendeskripsikan Bagaimana Pelaksanaan Pembelajaran Sejarah di masa Pandemi Covid-19 pada jenjang sekolah menengah atas di Kota Makassar, dengan menelusuri perencanaan pembelajaran sejarah secara daring, proses pembelajaran sejarah secara daring, dan evaluasi pembelajaran sejarah secara daring selama pandemic Covid-19. Subjek dalam penelitian ini adalah guru, wali siswa dan siswa di sekolah menengah atas yaitu SMA Negeri 11 Makassar pada tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, informan penelitian ini adalah guru sejarah, wali siswa dan siswa dari kelas MIPA di tingkatan kelas XI. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dengan reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah menggambarkan bahwa pelaksanaan pembelajaran daring di SMA Negeri 11 Makassar kelas XI MIPA 3 sudah terlaksana dengan baik, guru dan siswa telah memiliki fasilitas-fasilitas dasar yang dibutuhkan, hal itu menggambarkan kesiapan pelaksanaan pembelajaran daring. Dalam pelaksanaan pembelajaran daring guru sudah melakukan perencanaan pembelajaran dan sudah melaksanakan pembelajaran dengan baik yaitu menggunakan media pembelajaran, strategi, metode dan pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan siswa. Pembelajaran daring memiliki fleksibilitas dalam pelaksanaannya dan mampu mendorong guru untuk lebih kreatif dalam mengajar selain itu siswa dituntut untuk lebih mandiri dan termotivasi untuk lebih aktif belajar. Namun, pembelajaran daring memiliki kendala dalam pelaksanaannya seperti kondisi jaringan yang terkadang kurang mendukung dan kesulitan siswa memahami materi pembelajaran adalah tantangan tersendiri dalam pembelajaran daring.


Keywords


Pembelajaran Sejarah; Pandemi Covid-19; Kota Makassar

Full Text:

PDF

References


Ananda, Rusydi & Banurea, O. K. (2017). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan. CV. Widya Puspita.

Bahri, B. (2015). Kurikulum Pendidikan Sejarah di Amerika Serikat. Jurnal Pendidikan Sejarah, 4(1), 70–81.

Bahri, B. (2022). Utilization of Vlog Video as a History Learning Media at SMAN 2 Jeneponto. ISTORIA Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sejarah, 18 (2).

Bahri, B., Misnah, M., & Tati, A. D. R. (2019). The Development of History Learning Media Based on Local Age in Increasing Students’ Understanding on Local History Lectures.

Fatimah, D. (2021a). Analisi Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Sekolah Dasar. Universitas Jambi.

Fatimah, D. (2021b). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Sekolah Dasar. Universitas Jambi.

Haling, Abd, D. (2007). Belajar dan Pembelajaran (2nd ed.). Universitas Negeri Makassar.

Hamalik, O. (2001). Kurikulum dan Pembelajaran. Bumi Aksara.

Handarini, Oktavia Ika & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 8, 497.

Helmiati. (2012). Model Pembelajaran. Aswaja Pressindo.

Herliandry & dkk. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Kependidikan, 22, 66.

Indra, R., & Syukur, M. (2017). Peranan Guru dalam Pembinaan Moral Siswa di SMA Negeri 7 Kabupaten Pinrang. JURNAL SOSIALISASI, 4(3), 113–119.

Iriani, Tuti & Ramadhan, A. (2019). Perencanaan Pembelajaran Untuk Keguruan (1st ed.). Prenadamediagroup.

Jaya, F. (2019). Perencanaan Pembelajaran. UIN Sumatera Utara.

Jumriani, J., Bahri, B., & Jumadi, J. (n.d.). Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IPS SMAN 2 Pinrang. Attoriolong, 19(2), 68–77.

Kesuma, A. I., & Syukur, M. (2018). Applying Local Values in Millenial Education (Study for Bugis Society Makassar). 1st International Conference on Social Sciences (ICSS 2018).

Rahmat, P. S. (2009). Penelitian Kualitatif. Equilibrum, 5(9), 7.

Sapriyah. (2019). Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fkip Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 2(1), 471.

Soegijono, K. . (1993). Wawancara Sebagai Salah Satu Pengumpulan Data. Media Litbangkes, III(01), 18.

Suryabrata, S. (2019). Metologi Penelitian. Rajawali Pers.

Syukur, M. (2013). Sistem Ekonomi Lokal Masyarakat Wajo: (Studi Kasus pada Penenun Di Kabupaten Wajo Provinsi Sulawesi Selatan). IPB: Disertasi.

Syukur, M. (2019). Pergeseran Relasi Gender Pada Keluarga Bugis (Studi Kasus pada Perempuan Pedagang Antarpulau di Kecamatan Sibulue, Kabupaten Bone). Leisyah.


Article Metrics

Abstract view : 116 times | PDF view : 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Andriani Andriani

License URL: http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

PUBLISHED BY :

Prodi Pendidikan Sejarah

Fakultas Ilmu Sosial

Universitas Negeri Makassar

Kampus Gunung Sari, Fakultas Ilmu Sosial Lt.3, Prodi Pendidikan Sejarah, Jl. Raya Pendidikan, Makassar. 90222.Phone 082395232077 E mail amirullah8505@unm.ac.id

 

Attoriolong INDEXED BY

 

 

LICENSED BY :

Creative Commons License
Attoriolong is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.