Mempertahankan Sang Merah Putih Tahun 1948: Tinjauan Sejarah Biografi Husein Mutahar

Melinda Rahmawati(1*), Jumardi Jumardi(2),

(1) Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. HAMKA, Jakarta.
(2) Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. HAMKA, Jakarta.
(*) Corresponding Author



Abstract


Pada awal kemerdekaannya, Indonesia masih belum sepenuhnya mendapat pengakuan kedaulatan oleh negara lain. Belanda memanfaatkan hal tersebut untuk kembali berkuasa atas Indonesia. Tentu perjuangan fisik dan diplomasi telah ditempuh untuk menghentikan niat belanda tersebut. Dua kali Negeri Belanda mencoba kekuatan militer Indonesia melalui Agresi Militer I dan II. Salah satu tokoh yang memiliki peran dalam Agresi Militer II ialah Husein Mutahar dengan  Perannya dalam menyelamatkan Bendera Sang Merah Putih. Metode penelitian yang digunakan ialah metode historiografi dengan membandingkan beberapa literasi yang bersumber dari buku teks, jurnal ilmiah, dan lainnya. hasil dari penelitian ini adalah terpublikasikannya salah satu peristiwa sejarah dari sudut pandang biografi tokoh agar para pembaca dapat lebih menghayati peristiwa sejarah yang ada serta tumbuhnya rasa nasionalisme melalui kisah dalam biografi tokoh tersebut.


Keywords


Agresi Militer II, Bendera Merah Putih, Husein Mutahar

Full Text:

PDF

References


Cindy, A. (1988). Bung Karno Penyambung Lidah Rakyat Indonesia. Jakarta: Haji Masagung.

Hidayah, O. A. N. (2017). Sistem Pemerintahan Kraton Yogyakarta pada Masa Perang Kemerdekaan Tahun 1945-1951. Risalah, 4(1).

Pratama, M. S. S. (2017). Peranan TNI-AD Pada Masa Agresi Militer Belanda Ii Di Magelang Tahun 1948-1949. Risalah, 4(1).

Ulandari, D. A. (2017). Peran Fatmawati dalam Memperjuangkan Kemerdekaan Indonesia (1945-1955). Risalah, 4(4).

WINATA, R. (n.d.). Perjuangan rakyat batanghari menghadapi agresi militer belanda ii 1948-1949. Perjuangan rakyat batanghari menghadapi agresi militer belanda ii 1948-1949.


Article Metrics

Abstract view : 845 times | PDF view : 92 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Melinda Rahmawati, Jumardi Jumardi

License URL: http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

PUBLISHED BY :

Prodi Pendidikan Sejarah

Fakultas Ilmu Sosial

Universitas Negeri Makassar

Kampus Gunung Sari, Fakultas Ilmu Sosial Lt.3, Prodi Pendidikan Sejarah, Jl. Raya Pendidikan, Makassar. 90222.Phone 082395232077 E mail amirullah8505@unm.ac.id

 

Attoriolong INDEXED BY

 

 

LICENSED BY :

Creative Commons License
Attoriolong is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.