Efektivitas Media Pembelajaran Spinning Wheel Dalam Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Siswa Kelas XI MA DDI Cambalagi Kabupaten Maros

Nur Aeni(1*), Mantasiah Mantasiah(2), Sitti Muthmainnah(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/al-fashahah.v3i1.47168

Abstract


Penelitian ini merupakan sebuah penelitian Quasi Eksperimental Design yang bertujuan untuk menguji efektivitas penggunaan Spinning Wheel sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab pada siswa kelas XI MA DDI Cambalagi Kabupaten Maros. Variabel yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah penggunaan media pembelajaran Spinning Wheel sebagai variabel bebas, sementara penguasaan kosakata bahasa Arab merupakan variabel terikat. Populasi penelitian ini adalah 64 siswa kelas XI MA DDI Cambalagi Kabupaten Maros, dan sampel yang diambil terdiri dari 40 siswa kelas XI MA DDI Cambalagi Kabupaten Maros. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode acak (random sampling), di mana 20 siswa dari kelas XI IPA 2 menjadi kelompok eksperimen dan 20 siswa dari kelas XI IPA 3 menjadi kelompok kontrol. Data penelitian diperoleh melalui pemberian pre-test dan post-test tertulis pada materi "Kesehatan". Hasil analisis menggunakan uji-t dengan tingkat signifikansi 0,05 menunjukkan bahwa nilai 3,392 >  2,03. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran Spinning Wheel efektif dalam meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab pada siswa kelas XI MA DDI Cambalagi Kabupaten Maros.

Keywords


keefektifan, spinning wheel, penguasaan kosakata

Full Text:

PDF

References


Dabell, J. (2009). Aktivitas Permainan dan Ide Praktis Belajar Matematika. Jakarta: Erlangga.

Firdaus, A. Z. (2019). “Eksperimentasi Media Pembelajaran Roda Putar Untuk Meningkatkan Kemampuan Memahami Teks Bahasa Arab Siswa Kelas X MAN Kota Tegal”. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Ginnis, P. (2008). Trik dan Taktik Mengajar. Jakarta: PT Indeks.

Huda, N. F. (2020). “Penggunaan Media Pembelajaran Spinning Wheel dalam Pembelajaran Qawaid Nahwu”. Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 4, No. 2:155–74.

Kasno. (2014). Kamus sebagai sumber rujukan dan pengajaran kosakata. Jakarta: Pusat Bahasa.

Muradi, A. (2016). Pembelajaran menulis bahasa Arab. Jakarta: Prenada Media.

Rosyidi, A. W. (2009). Media Pembelajaran Bahasa Arab. UIN-Maliki Pers.

Sugiyono, D. R. (2009). “Metodologi penelitian pendidikan”. Bandung: Alfabeta.

Zuhdy, H. (2017). Teknik Pengajaran Kosakata Bahasa Arab. Malang: Presented at Workshop Peningkatan Pembelajaran Bahasa Arab Bagi Pengajar Pondok Pesantren, Fakultas Humaniora UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.


Article Metrics

Abstract view : 316 times | PDF view : 57 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nur Aeni, Mantasiah Mantasiah, Sitti Muthmainnah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

 

E-ISSN: 2797-1287 

Al-Fashahah indexed by:

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.