Analisis Nilai Pendidikan Karakter Pada Cerpen Arab dalam Buku Modern Arabic Short Stories: A Bilingual Reader
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.59562/al-fashahah.v3i1.46720
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam cerpen arab serta relevansi nilai-nilai pendidikan karakter tersebut di lingkup sekolah. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan model analisis isi dengan data primer berupa cerpen Hikaayatul Qindiili dan data sekunder berupa jurnal, buku, serta artikel terkait lainnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik baca dan catat. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat delapan belas nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam cerpen Hikaayatul Qindiili, diantaranya: nilai religius, toleransi, cinta admai, demokratis, menghargai prestasi, semangat kebangsaan, cinta tanah air, kerja keras, kreatif, mandiri, gemar membaca, rasa ingin tahu, berhasahabat, peduli lingkungan, bertanggung jawab, peduli sosial, jujur dan disiplin. Setiap nilai-nilai pendidikan karakter tersebut memiliki relevansi di lingkup sekolah dengan mengacu pada kompetensi inti I yaitu aspek ketuhanan, kompetensi inti II yaitu aspek sosial, kompetensi inti III yaitu aspek pengetahuan, dan kompetensi IV yaitu aspek keterampilan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al-Ma’ruf, A. I., & Nugraha, F. (2017). Metode Pengkajian Sastra: Teori dan Aplikasi. In K. Saddhono (Ed.), Makalah Pada Diklat Pengkajian Sastra Dan Pengajaran: Perspektif KBK (Issue 1980).
Dewi, N. L. L. A., Putrayasa, I. B., & Nurjaya, I. G. (2014). Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Novel Sepatu Dahlan Karya Khrisna Pabichara dan Relevansinya Terhadap Pengajaran Pendidikan Karakter Sekolah di Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/JJPBS.V2I1.3438
Handoyo, E., & Tijan. (2006). Model Pendidikan Karakter Berbasis Konservasi. منشورات جامعة دمشق, 1999(December), 1–6.
Heri, E. (2019). Menggagas Sebuah Cerpen (Tim Editor Sindur Press (ed.)). ALPRIN.
Husni, R., & L. Newman, D. (2008). Modern Arabic Short Stories: A Bilingual Reader. SAQI. www.saqibooks.com
Klarer, M. (2004). An introduction to literary studies. In An Introduction to Literary Studies. https://doi.org/10.4324/9780203068915
Mansyur, U. (2018). Pemanfaatan Nilai Kejujuran dalam Cerpen Sebagai Bahan Ajar Berbasis Pendidikan Karakter [Universitas Muslim Indonesia]. https://doi.org/10.31227/osf.io/s8xag
Mulyasa, H. . (2022). Manajemen Pendidikan Karakter (D. Ispurwanti (ed.)). PT. Bumi Aksara.
Nurgiyantoro, B., & Efendi, A. (2013). Prioritas Penentuan Nilai Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Sastra Remaja. Cakrawala Pendidikan.
Sapdiani, R., Maesaroh, I., Pirmansyah, P., & Firmansyah, D. (2018). Analisis Struktural Dan Nilai Moral Dalam Cerpen “Kembang Gunung Kapur” Karya Hasta Indriyana.Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 1(2), 101–114. https://doi.org/10.22460/xxxxxx
Wargadinata, W., & Fitriani, L. (2018). Sastra Arab Masa Jahiliyah dan Islam. In A. Hamid (Ed.), UIN MALIKI PRESS Malang. UIN-Maliki Pers. website://press.uin-malang.ac.id
Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter: Konsep dan Aplikasinya Dalam Lembaga Pendidikan. Kencana Prenada Media Group.
Article Metrics
Abstract view : 110 times | PDF view : 28 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Syahril Syahril, Jufri Jufri, Ambo Dalle
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
E-ISSN: 2797-1287
Al-Fashahah indexed by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.