Analisis Makna Fi’il Amr dalam Al-Quran Al-Karim Surah Maryam: Suatu Tinjauan Morfosemantik

Ummu Sulaimah Saleh(1), Enung Mariah(2), Arief Fiddienika(3*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/al-fashahah.v3i1.46715

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian kebahasaan yang bertujuan untuk Mendeskripsikan bentuk-bentuk fi’il Amr yang terdapat dalam surah Maryam dan mendeskripsikan makna fi’il Amr yang terkandung dalam surah Maryam dalam tinjauan pengkajian morfologi (Shorof)) dan semantik (ilmu ma’ani). Penelitian ini menggunakan desain deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis menggunakan teknik analisis data kualitatif melalui tiga alur kegiatan utama yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Bentuk-bentuk fi’il Amr yang terdapat dalam surah Maryam ditemukan ada delapan bentuk yang tersebar dalam 19 ayat yaitu اُفْعُلْ, اُفْعُلُوْا, اُفْعُلِيْ, اِفْعَلْ, اِفْعَلِيْ, فَعِّلُوْا, أَفْعِلْ, اِفْتَعِلْ yang terdapat dalam ayat 5, 6, 10, 11, 12, 16, 25, 26, 35, 36, 39, 41, 43, 46, 65, dan 75. Bentuk fi’il Amr yang paling banyak ditemukan adalah اُفْعُلْ dengan jumlah data sebanyak sepuluh data sedangkan yang paling minim ialah اُفْعُلُوْا, فَعِّلُوْا, dan أَفْعِلْ dengan masing-masing satu data. (2) Makna fi’il Amr yang terkandung dalam surah Maryam ditemukan sebanyak enam makna yaitu makna Haqiqi (makna asli), Ad-Du’a (Permohonan/doa), Al-Irsyad (Mengarahkan), Al-Ibahah (Membolehkan), Al-Imtinan (Pemberian nikmat), dan Al-I’tibar (Mengambil Pelajaran).  Makna fi’il Amr yang paling banyak ditemukan adalah makna Haqiqi sebanyak sembilan data sedangkan yang paling minim ialah Al-Imtinan dan Al-I’tibar dengan masing-masing satu data.


Keywords


fi’il amr, bentuk, makna, surah maryam, morfosemantik

Full Text:

PDF

References


Al-Jarim, Ali, dan Musthafa Amin. (2020). Terjemahan Al-Balaaghatul Waadhihah. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Al-Mutarjim. Abu Ahmad. (2015). Terjemah Mulakhos. https://terjemahmulakos.wordpress.com

Arikunto, Suharsimi. (2019). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Daud, Abu Umar. (2018). Bahasa Arab Nahwu – I’rab Serial II Ilmu Bahasa. Semarang: Pusaka SAIN – Sekolah Islam Online.

Daud, Abu Umar. (2020). Bahasa Arab Tashrif – Menengah Serial IV Ilmu Bahasa. Semarang: Pusaka SAIN – Sekolah Islam Online.

Dewi, Intan Sari. (2016). Bahasa Arab dan Urgensinya dalam Memahani Bahasa Arab. Dalam Jurnal: Kontemplasi: Jurnal Ilmu-Ilmu Ushuluddin Vol.4 No.1

Haniah. (2013). Al-Balagah al - 'Arabiyyah (Studi Ilmu Ma'ani dalam Menyingkap Pesan Ilahi). Makassar: Alauddin University Press.

Ismail, Ahmad Qusyairi. (2016). Al-Miftah Lil Ulum: Mudah Belajar Membaca Kitab Jilid 3. Sidogiri: Pustaka Sidogiri.

Jaedi, M. (2019). Pentingnya Memahami Al-Quran dan Ilmu Pengetahuan. Dalam Jurnal: Risalah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, Vol.5 No.1.

Mahsun. (2005). Metode Penelitian Bahasa: Tahapan Strategi, Metode, dan Tekniknya. Jakarta: PT RajaGrafindo.

Mashito, Dewi. (2020). Proses Morfologi Isim Musytaq dan Maknanya Dalam Kitab Fathul Qorib. Prosiding Semnasbama IV UM Jilid 1 Peran Mahasiswa Bahasa Arab dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Hal. 404-416.

Maulana, Deni. (2019). “Analisis Kalimat Perintah (Amr) pada Surah Yāsīn dalam Terjemahan Al-Qur’an Bacaan Mulia HBJ”. Dalam jurnal: ALSUNIYAT: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Budaya Arab, Vol. 2, No. 1.

Muhammad, Husnul. (2021). Al-Amru dalam Al-Qura’an (Kajian Morfosintaksis dalam surah Al-Kahfi). Skripsi: Universitas Negeri Makassar.

Mutaillah. (2015). Nilai-Nilai Edukasi Siyag Al-Amr dalam Qs. Al-Baqarah (Analisis Perspektif Ilmu Balaghah). Tesis: Pascasarjana UIN Alauddin Makassar.

Paramita, Tita Zuda. (2013). Analisis Deiksis Pronomina Persona dan Deiksis Pronomina Demonstratif pada Teks Terjemahan Quran Surah Maryam. Skripsi: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Razin, A. (2017). Ilmu Shorof untuk Pemula. Jakarta: Bisa Learning Centre.

Saleh, Sirajuddin. (2017). Analisis Data Kualitatif. Bandung: Pustaka Ramadhan.


Article Metrics

Abstract view : 386 times | PDF view : 36 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ummu Sulaimah Saleh, Enung Mariah, Arief Fiddienika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

 

E-ISSN: 2797-1287 

Al-Fashahah indexed by:

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.