Hubungan Antara Penguasaan Kosakata dengan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Siswa Kelas X SMA IT Ar-Rahmah Makassar

Afikah Nur Fahrizah(1*), Nurming Saleh(2), Ruhul Kudus(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/al-fashahah.v3i1.46713

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif jenis korelasi (correlational research) yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penguasaan kosakata dengan keterampilan berbicara bahasa Arab siswa kelas X SMA IT Ar Rahmah Makassar. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penguasaan kosakata, sedangkan variabel terikatnya adalah keterampilan berbicara bahasa Arab siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA IT Ar Rahmah Makassar sebanyak 40 siswa, dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA IT Ar Rahmah Makassar yang berjumlah 40 orang dengan teknik pengambilan sampel adalah sampel total atau total sampling. Data hasil penelitian dalam penelitian ini diperoleh dengan memberikan tes tertulis berupa tes penguasaan kosakata dan tes keterampilan berbicara bahasa Arab. Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial jenis korelasi person product moment atau  sebesar (0,916) nilai kategori sangat kuat (bersifat positif), dengan nilai signifikansi pada penelitian ini diperoleh sebesar <0,001 < 0,05, dengan demikian hal ini menyatakan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara penguasaan kosakata dengan keterampilan berbicara bahasa Arab siswa kelas X SMA IT Ar Rahmah Makassar.

Keywords


hubungan, penguasaan kosakata, keterampilan berbicara

Full Text:

PDF

References


Al-Ghalayaini, S. M. (1994). Jamiud Durus Al-‘Arabiyyah. Mesir : ansyurat Al-Maktabah al-‘Ashriyah. Beirut.

Amri, C.K., Anwar M., & Latuconsina, S.N. (2021). Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Siswa Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Di Kabupaten Gowa. Pinisi Journal of Education, 1, 20-25.

Ambarwati, I. (2020). Buku Ajar Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL). Jurnal Mimbar Ilmu , 483-494.

Auliah, A., N. (2021). Hubungan antara Penguasaan Kosakata (Mufradat) dengan Keterampilan Menulis Karangan Deksripsi Bahasa Arab Siswi SMAS Darul Abrar Kabupaten Bone. Skripsi, 84-87.

Fajriah, Z. (2015). Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab ( Mufradat ) Melalui Penggunaan Media Kartu Kata Bergambar. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9, 107–126.

Fajrin, R.M., Walfajri., & Khotijah. (2021). Penerapan Metode Langsung dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab. Lisanuna: Jurnal Ilmu Bahasa Arab Dan Pembelajarannya, 10, 342-358.

Faizah, S. N. (2017). Korelasi antara Penguasaan Kosakata Bahasa Arab dengan Keterampilan Berbicara pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas VIII di Smp Bustanul Ulum Bantarkawung. Skripsi, 16.

Harianto, E. (2020). Metode Bertukar Gagasan dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara. Jurnal Didaktika, 9, 411–422.

Muta’ali, A. (2011). Signifikansi Kajian Bahasa Semit dalam Linguistik Arab. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 1, 119-124.

Purwanto. (2019). Analisis Korelasi dan Regresi Linier dengan SPSS 21 . Magelang : StaiaPress.

Riska., Syamsuddin, M.B., & Usman, M. (2021). Hubungan antara Penguasaan Mufradat (Kosakata) dengan Kemampuan Membaca Teks Bahasa Arab Siswa Menengah Atas Islam Terpadu di Kota. Journal Of Education, 1, 144–50.


Article Metrics

Abstract view : 143 times | PDF view : 32 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Afikah Nur Fahrizah, Nurming Saleh, Ruhul Kudus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

 

E-ISSN: 2797-1287 

Al-Fashahah indexed by:

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.