Analisis Kesalahan Pelafalan Huruf dalam Membaca Nyaring Teks Bahasa Arab Pada Siswa Kelas XI SMA IT Al Fatih Makassar

Wahyuni Sangkala(1*), Muhammad Bachtiar Syamsuddin(2), Muhammad Anwar(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/al-fashahah.v3i1.46710

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu untuk memperoleh data dan informasi tentang bentuk-bentuk kesalahan pelafalan huruf dalam membaca nyaring teks bahasa Arab pada siswa kelas XI  SMA IT Al Fatih Makassar. Jenis Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA IT Al Fatih Makassar yang berjumlah 10 siswa. Data hasil penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, angket, serta tes lisan untuk mendekteksi kesalahan pada saat membaca nyaring teks bahasa Arab. Data yang telah diperoleh selanjutnya diidentifikasi, diklasifikasi, dijelaskan bentuk kesalahannya, dan evaluasi kesalahan. Dari hasil analisis data, diketahui bahwa bentuk kesalahan siswa terdapat pada huruf fonem yang hampir sama konsonan ت  dan ط , konsonan ك  dan ق, konsonan د dan ض, konsonan ذ dan ظ, konsonan س dan ص, konsonan ح  dan ه, konsonan ء dan ع , konsonan ث  dan  س, konsonan ذ dan ز, ض dan د. Faktor yang menyebabkan terjadinya kesalahan pelafalan huruf konsonan dalam membaca nyaring teks bahasa Arab yaitu siswa menganggap pembelajaran bahasa Arab itu sulit, menganggap kurang paham ketika guru menjelaskan, menganggap buku yang digunakan sulit dipahami.


Keywords


analisis kesalahan, pelafalan huruf konsonan, bahasa arab.

Full Text:

PDF

References


Asih, R. (2020). Analisis Kesalahan Fonologi dalam Keterampilan Membaca Teks Berbahasa Arab Siswa Kelas Xi Sma Islam Sultan Agung 1 Semarang. Lisan Al-Arab : Journal of Arabic Language And Arabic Teaching, 9(2).Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 93-196.

Asy’ari, H. (2016). Keistimewaan Bahasa Arab Sebagai Bahasa Al-Qur’an. Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 21-28

Iwan, F. (2019). Analisis Kesalahan Fonologi dalam Membaca Teks Bahasa Arab Mata Pelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas 5 B Sd Al-Irsyad Al- Islamiyyah Semarang. Skripsi UIN Walisongo, 77.

Johan, G. M. (2018). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia dalam Prosses Diskusi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 18(2), 136–149. https://doi.org/10.17509/bs

Mantasiah, R. (2020). Analisis Kesalahan Berbahasa (Sebuah Pendekatan Dalam Pengajaran Bahasa). Deepublish.

Nasution, S. (2017). Pengantar Linguistik Bahasa Arab.

Nurkholis, N. (2018). Analisis Kesalahan Berbahasa Dalam Bahasa Arab. Al-Fathin: Jurnal Bahasa dan Sastra Arab, 1(01), 10-21.

Sari, N. A. (2016). Analisis Kesalahan Fonologi dalam Membaca Teks Bahasa Arab Siswa Kelas VIII G MTSN Piyungan Bantul. Skripsi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 85(1), 71.

Setyawati, N. (2010). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia. Yuma pustaka, Surakarta.

Sholihin, M. N. (2020). Peran Ilmu Al-Ashwat dalam Pelafalan Huruf Hijaiyah (KajianTeoritik Linguistik Terapan). Saliha Jurnal Pendidikan Dan Agama Islam, 3, 110–127.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan kelas.

Zulifan, M. (2018). Bahasa Arab untuk semua. Gramedia Pustaka Utama.


Article Metrics

Abstract view : 108 times | PDF view : 29 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Wahyuni Sangkala, Muhammad Bachtiar Syamsuddin, Muhammad Anwar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

 

E-ISSN: 2797-1287 

Al-Fashahah indexed by:

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.