Problematika Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Muhammadiyah Limbung

Wafiqah Lutfiani(1*), Misnawaty Usman(2), Syarifah Fatimah Al Ilmullah(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/al-fashahah.v3i1.46708

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan dan menggambarkan problematika pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Arab siswa kelas X Madrasah Aliyah Muhammadiyah Limbung dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Madrasah Aliyah Muhammadiyah Limbung yang berjumlah 60 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah sampel total yakni 60 siswa yang terdiri dari 2 kelas (IPA dan IPS). Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan angket yang diisi langsung oleh siswa dan wawancara guru mata pelajaran bahasa Arab. Data angket dianalisis menggunakan rumus P = F/N x 100%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas X Madrasah Aliyah Muhammadiyah Limbung mengalami banyak masalah yang menyebabkan siswa tidak lancar dalam berbicara bahasa Arab.  Masalah tersebut meliputi siswa merasa: 1) Bahasa Arab sulit, 2) Gugup berbicara bahasa Arab, 3) Kosakata kurang, 4) Kosakata tidak pernah bertambah, 5) Tidak tertarik menggunakan bahasa Arab sebagai bahasa sehari-hari, 6) Tidak pernah memperhatikan tata bahasa Arab, 7) Tidak berlatih berbicara Arab, 8) Kurangnya media, 9) Sekolah tidak mengadakan kegiatan berbicara bahasa Arab, 10) Kurangnya persediaan buku bahasa Arab, 11) kurangnya evaluasi oleh guru, 12) Kurangnya Imbauan berbahasa Arab. Masalah yang dihadapi disebabkan oleh dua faktor, faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi: 1) Kurangnya minat dan motivasi siswa, 2) Latar belakang pendidikan siswa, 3) Mental dan kesiapan siswa 4) Kosakata. Faktor eksternal meliputi: 1) guru, 2) sarana dan prasarana, 3) sekolah.


Keywords


Problematika, Pembelajaran, Keterampilan Berbicara

Full Text:

PDF

References


Arief, Gesbi Rizqan Rahman. (2020). Alasan siswa tidak menyukai bahasa Arab. Journal. [email protected].

Arsyad, Azhar. (2004). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Hermawan, Acep. (2011). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Irwan, Muhammad. (2019). Perkampungan Bahasa Arab dalam Mendukung Pembelajaran Mahasiswa di IAIN Parepare. Journal Ilmiah Mandala Education. Vol. 7 No. 1

Jamaluddin. (2003). Problematik Pembelajaran Bahasa Dan Sastra. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.

Mudrofin. (2012). Penghambat Belajar Bahasa Arab yang Sering Tidak Disadari. Journal.

Rachmawati. (2004). Anatomi Buku Ajar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Saechan Muchith. (2008). Pembelajaran Kontekstual. Semarang: RaSAIL. Mdia Group.

Sudjana. (2001). Metode & Teknik Pembelajaran Partisipatif. Bandung: Falah Production.

Sunendar, Iskandarwassid & H Dadang. (2011). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Syahruddin, (2015). Metode Pembelajaran Bahasa Arab Perspektif Teoritis. Jurnal. 54 (2).


Article Metrics

Abstract view : 176 times | PDF view : 46 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Wafiqah Lutfiani, Misnawaty Usman, Syarifah Fatimah Al Ilmullah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

 

E-ISSN: 2797-1287 

Al-Fashahah indexed by:

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.