Pengaruh.Metode Bernyanyi terhadap.Penguasaan Kosakata.Bahasa.Arab Pada Siswa.Kelas VIII MTs Negeri 2 Jeneponto

Sri Wahyuni Pratiwi(1*), Hasmawati Hasmawati(2), Misnah Mannahali(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/al-fashahah.v3i1.46706

Abstract


Penelitian. inii bertujuan. untuk. mengetahui pengaruhhhmetode bernyanyi terhadap penguasaan kosakata bahasa Arab pada siswa kelas VIII MTs Negeri 2 Jeneponto. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penggunaan metode bernyanyi sedangkan variabel terikat dalam penelitiannini adalah penguasaan kosakata (Mufrodat). Populasi dalammpenelitian ini terdiri dari 8 kelas sebanyak 240 orang. Sampel dalammpenelitian ini yaitu kelas VIII 3 yang terdiri 30 siswa. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan pre-test dan post-test. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji korelasi Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara metode bernyanyi terhadap penguasaan kosakata bahasa Arab pada siswa kelas VIII MTs negeri 2 Jeneponto. 


Full Text:

PDF

References


Aslah, Z. (2017). Upaya Peningkatan Penguasaan Kosa Kata Arab dengan Metode Bernyanyi Kelas VII B MTsN 6 Sleman Yogyakarta. Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(2), 273–290.

Barokatussolihah. (2016). Upaya Meningkatkan Penguasaan Mufrodat Bahasa Arab Melalui Metode Bernyanyi di Kelas VII A Mts N Donomulyo Kurlo Progo. 1, 41–52.

Fadhillah, M. (2012). Desain Pembelajaran PAUD. Jogjakarta: Ar-ruzz Media.

Fajriah, Z. (2015). Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab (Mufradat) Melalui Penggunaan Media Kartu Kata Bergambar. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 09(01), 107–126.

Jannah, L. A. (2013). Kesalahan-kesalahan Guru PAUD yang Sering Dianggap Sepele. Yogyakarta: Diva Press.

Lutfi, A. B., & Afroni, M. (2021). Efektivitas Metode Bernyanyi Dalam Penguasaan Mufradat Bahasa Arab Di Kelas Vii a Mambaul Ulum Tegal Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Bashrah, 1(2), 51–61.

Mustofa, S. (2011). Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Inovativ. In Malang: UIN Maliki Press Malang.

Ni’mah, K. (2017). Penggunaan Teknik Bernyanyi Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab Pada Anak Usia Dini. Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan, Dan Humaniora, 4(2), 173–187.

Nisa, I. K., Rahmi, N., & Walfajri. (2020). Penerapan metode bernyanyi dalam meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa arab di mts ma’arif nu 07 purbolinggo. Arabia: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 12, 45.

Sanjaya, W. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta; Kencana Prenada Media Grub.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.


Article Metrics

Abstract view : 227 times | PDF view : 36 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Sri Wahyuni Pratiwi, Hasmawati Hasmawati, Misnah Mannahali

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

 

E-ISSN: 2797-1287 

Al-Fashahah indexed by:

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.