Efektivitas Metode Mimicry Memorization dalam Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata (Mufrodat) Bahasa Arab Siswa Kelas IX Smp Islam Ar-Raafi’ Kota Makassar

Halima Halima(1*), Laelah Azizah(2), Fauziyah Bachtiar(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/al-fashahah.v3i1.46701

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian Nonequivalent Control Group Design yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode mimicry memorization dalam meningkatkan penguasaan kosakata (mufrodat) Bahasa arab siswa kelas IX SMP Islam Ar-Raafi’ kota Makassar. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penggunaan metode mimicry memorization, sedangkan variabel terikatnya adalah penguasaan kosakata (mufrodat). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Islam Ar-Raafi’ yang  berjumlah 40 orang siswa, Adapun sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Islam Ar-Raafi’ yang terdiri dari kelas IX.A Sebagai kelas Eksperimen dengan jumlah 20 siswa dan kelas IX.B sebagai kelas kontrol yang berjumlah 20 siswa yang dipilih dengan Teknik sampel acak (random sampling). Data hasil penelitian ini diperoleh dengan memberikan pre-test dan post-test  tertulis pada materi “جمال الطبيعة ( Pemandangan Alam)”. Hasil perhitungan uji-t pada taraf signifikan 0,5 diperoleh nilai  1,750 <  2,03. Hal ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran Mimicry-Memorization tidak efektif dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata (Mufrodat) Bahasa Arab kelas IX SMP Islam Ar-Raafi’ Kota Makassar.


Keywords


Efektifitas, Mimicry-Memorization, Penguasaan, Kosakata (Mufrodat)

Full Text:

PDF

References


Aflisia, N., Karolina, A., & Yanuarti, E. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Kahoot untuk Meningkatkan Penguasaan Unsur Bahasa Arab. Al-Muktamar As-Sanawi Li Al-Lughah Al-’Arabiyyah (MUSLA), 1(1), 1–17.

Santi, S. (2020). Efektivitas Metode Mim-Mem (Mimicry- Memorization) Pada Pembelajaran Mufradat Di MTS Darul Huffadh Tuju-Tuju Kajuara

Kab. Bone. Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai.

Sari, R. W. (2020). Efektivitas Metode Mimicry-Memorization (Mim-Mem) Dalam Penguasaan Kosakata (Mufradat). Universitas Negeri Makassar.

Sholeha, A. (2016). Penggunaan Metode Mim-Mem (Mimicry-Memorization) Dalam Penguasaan Mufradat Pada Pembelajaran Bahasa Arab Di MI Al-Istiqamah Kecamatan Banjarmasin Selatan.

Astuti, E. P. (2020). Efektivitas Metode Social Learning Dalam Penguasaan Kosakata Bahasa Jerman Siswa Kelas XI MIA 9 SMA Negeri 9 Makassar. Universitas Negeri Makassar.

Afifah, N. (2019). Efektivitas Metode Mimicry Memorization untuk Pembelajaran Mufradat di SMP Muhammadiyah 8 Batu. University of Muhammadiyah Malang.

Iqbal, M. (2018). Penggunaan Metode Mim-Mem Untuk Mengembangkan Keterampilan Berbicara. Al Mi’yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 1(2), 113–130.

Sholihah, S. (2017). Penggunaan Media Gambar Dalam Pembelajaran Mufrodat. Tarling: Journal Of Language Education, 1(1), 62–76.

Aditya, D. Y. (2016). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Resitasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2).

Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Supardi, U. S. (2013). Aplikasi Statistika dalam Penelitian. Jakarta: Change Publisher.

Yusuf, A. M. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Prenada Media.


Article Metrics

Abstract view : 116 times | PDF view : 32 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Halima Halima, Laelah Azizah, Fauziyah Bachtiar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

 

E-ISSN: 2797-1287 

Al-Fashahah indexed by:

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.