Efektivitas Media Flash Card terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Awaluddin Kuo Kabupaten Mamuju Tengah

Hamdina Lestari(1*), Amri Rahman(2), Wahyu Kurniati Asri(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/al-fashahah.v3i1.46700

Abstract


Penilitian  ini merupakan penelitian Quasi Eksperimental Design yang bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan media flash card dalam penguasaan kosakata siswa kelas XI MA Awaluddin Kuo Kab. Mamuju Tengah, Sulawesi Barat. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penggunaan media flash card sedangkan variabel terikat pada penelitian ini adalah penguasaan kosakata bahasa Arab. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MA Awaluddin Kuo Kabupaten Mamuju Tengah, yakni kelas XI.A dan XI.B yang berjumlah 30 siswa. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI.B sebagai kelas eksperimen dengan siswa sebanyak 15 orang, dan kelas XI.A sebagai kelas kontrol sebanyak 15 siswa yang diperoleh menggunakan teknik total sampling. Data  hasil penelitian diperoleh dengan memberikan pre-test dan post-test tertulis pada materi “Berbelanja”. Hasil perhitungan uji-t pada taraf signifikan 0,05 di peroleh nilai thitung 4,63 > ttabel 2,048. Sehingga hal ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan media flash card efektif dalam meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa Arab siswa kelas XI B MA Awaluddin Kuo Kabupaten Mamuju Tengah.


Keywords


efektifitas, kosakata, flash card

Full Text:

PDF

References


Angreany, F., Syukur Saud, dan, Kunci, K., & Menulis, K. (2017). Keefektifan Media Pembelajaran Flashcard Dalam Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Bahasa Jerman Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 9 Makassar (Vol. 1, Issue 2).

Anwar. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Flash Card Dalam Meningkatkan Penguasaan Mufradat Siswa Kelas XII Madrasah Aliyah (MA) di Pondok Pesantren Darul Qur’an At-Taqwa Jampue Kecamatan Lanrisang Kabupaten Pinrang. Pare-Pare. Skripsi. Program Studi Bahasa Arab, Jurusan Tarbiyah dan Adab, Sekolah Tinggi Agama Islam Negri (STAIN) Pare-Pare.

Djumingin, S., Vivi, S. & Bakhtiar. (2014). Penilaian Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.

Fidiyanti, L. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Flashcard Untuk Meningkatkan Penguasaan Vocabulary Dengan Materi Narrrative Text. Journal of Education Action Research, 4(1), 42-51.

Husain, M. J. (200)6. Altsimarul Janiyah. Munawwar.

Nurgiantoro, B. (2012). Penelitian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta. BPFE

Pangestika, R. (2016). Efektivitas Penggunaan Media Flash Card Terhadap Peningkatan Penguasaan Kemampuan Mengingat Kosakata Bahasa Arab. Indramayu. Skripsi. Universitas Pendidikan Indonesia.

Putri, R. A. (2019). Efektivitas Media Flascard Terhadap Penguassaan Mufradat Bahasa Arab Siswa Kelas III MIN 2 Bandar Lampung. Lampung. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN), Raden Intan Lampung.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Supardi. (2013). Aplikasi Statistika dalam Penelitian Konsep Statistika yang Lebih Komperehensif. Jakarta: Change Publication.

Wahab, M. A. (2015). Pembelajaran Bahasa Arab di Era Posmetode. Arabiyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 2(1), 59-74.

Zubaidillah, M. H., & Hasan, H. (2019). Pengaruh Media Kartu Bergambar Flash Card Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Arab. Al Mi'yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 2(1), 41-56.


Article Metrics

Abstract view : 175 times | PDF view : 34 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Hamdina Lestari, Amri Rahman, Wahyu Kurniati Asri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

 

E-ISSN: 2797-1287 

Al-Fashahah indexed by:

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.