Imla’ dalam Peningkatan Keterampilan Menulis Bahasa Arab Siswa Kelas XI MIA 1 Man 1 Bulukumba

Irfan Perdana(1*), Fatkhul Ulum(2), Abdul Kasim Ahmad(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/al-fashahah.v3i1.46699

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, proses dan hasil peningkatan keterampilan menulis bahasa Arab dalam pembelajaran bahasa Arab menggunakan metode imla’. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 1 MAN 1 Bulukumba dengan jumlah siswa 22 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Penelitian ini terdiri atas 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri atas 2 kali pertemuan. Dari data tes pada siklus I diperoleh nilai rata-rata siswa yaitu 77.1% dan pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh siswa yaitu 88.2%. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan metode imla’ dapat meningkatkan keterampilan menulis bahasa Arab siswa kelas XI MIA 1 MAN 1 Bulukumba dengan persentase peningkatan sebesar 11.1%.


Keywords


Metode imla’, keterampilan menulis, bahasa Arab.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S., Suhardjono., Supardi. (2015). Penelitian tindakan kelas: Edisi revisi. Bumi Aksara.

Effendy, A. F. (2012). Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Malang. Misykat

Hasani, Z. F. (2013). Penerapan Metode Imla’Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Kelas Viic Mts Muhammadiyah 02 Pemalang (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Hermawan, A. (2018). Pembelajaran keterampilan Berbahasa Arab Dengan Pendekatan Komunikatif-Interaktif. Bandung. Alfabeta.

Kesuma, G. C. (2016). Penerapan Metode Imla'untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Bahasa Arab Peserta Didik Kelas X SMA IT Pondok Pesantren Al-Mujtama'Al-Islami Karang Anyar Lampung Selatan. Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, 8(2), 33-52.

Noermanzah. (2019). Bahasa Sebagai Alat Komunikasi, Citra Pikiran, dan Kepribadian.Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 309-319. Bengkulu.

Purwanto, N. 2013. Prinsi-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Rahmat, A., Mannahali, M., & Latuconsina, S. N. Keterampilan Menulis Bahasa Arab (Imla’) Siswa Sekolah Menengah Pertama Pondok Modern Mahyajatul Qurra’Di Kabupaten Takalar. Pinisi Journal of Education, 1(2), 287-292.

Siyoto, Sandu, and Muhammad Ali Sodik. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Ulum, F. (2018). Asalib Tadris Al-Imla’ Li Ghoiri Al-Nathiqina bi Al-Arabiyah. Jurnal Alsinatuna. Vol. 4 no 1.

Wiasih, Y. B. (2015). Peningkatan Keterampilan Menulis Huruf Arab Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Mts Ma’arif Nu 1 Wangon Kabupaten Banyumas (Doctoral dissertation, IAIN


Article Metrics

Abstract view : 123 times | PDF view : 26 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Irfan Perdana, Fatkhul Ulum, Abdul Kasim Ahmad

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

 

E-ISSN: 2797-1287 

Al-Fashahah indexed by:

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.