Analisis Kesalahan Penggunaan Dhomir Mudzakkar dan Muannats dalam Kalimat Sederhana Bahasa Arab Siswa Kelas VIII MTs Muhammadiyah Takwa Kecamatan Bontonompo

Aldi Rahardian MS(1*), Fatkhul Ulum(2), Muhammad Anwar(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/al-fashahah.v2i2.40462

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data dan informasi mengenai bentuk-bentuk kesalahan penggunaan dhomir mudzakkar dan muannats dalam kalimat sederhana siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah Takwa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif.  Sumber data penelitian ini adalah hasil tes soal penggunaan dhomir mudzakkar dan muannats dalam kalimat-kalimat sederhana. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah Takwa dengan jumlah 36 siswa, dan dipilih dengan teknik sampel acak (simple random sampling). Data yang diperoleh dikumpulkan sampel kesalahannya, diidentifikasi, diklasifikasi bentuk kesalahannya, dijelaskan kesalahannya dan dievaluasi. Dari hasil analisis data, diketahui bahwa kesalahan penggunaan dhomir mudzakkar dan muannats dalam kalimat sederhana pada bentuk mutakallim yaitu dhomir ana [ أنا] dan dhomir  nahnu [نحن], kesalahan siswa pada bentuk mukhotob yaitu dhomir anta [ أنت ] dhomir antuma  [  انتما ] dan dhomir antum [ انتم], selanjutnya kesalahan pada bentuk ghaib yaitu dhomir huwa [هو ] dhomir hiya [ هي ] dhomir huma [  هما] dhomir hum [ هم ]  dhomir hunna [ هنّ ]. Kesalahan terbanyak yang dilakukan siswa yaitu pada dhomir hiya [ هي] dan kesalahan terkecil yaitu dhomir huma [ هما].


Keywords


analisis kesalahan, dhomir mudzakkar muannats, kalimat sederhana

Full Text:

PDF

References


Fadillah, Arif. (2020) kemampuan menggunakan dhomir muttashil dalam menulis kalimat sederhana bahasa Arab siswa kelas VIII MTSN 2 Luwu. Skripsi Universitas Negeri Makassar

Manurung Sri hariani. (2015). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keefektifan Belajar Matematika Siswa Mts Negeri Rantau Prapat Pelajaran. Jurnal edutech.2-3

Ni`mah fuad. (1997) Mulakhos qowaidul lugatul arabiyah, Birut: Darussaqofah Islamiyah

Rusdy Resky, (2020) Analisis kesalahan penggunaaan isim isyarah dalam menulis kalimat sederhana bahasa Arab kelas X SMK Muhammadiyah Bungoro Kabupaten Pangkep, Skripsi Universitas Negeri Makassar

Roviin, Muh Hafidz (2020) Analisis kesalahan imla` mahasiswa program studi Pendidikan bahasa Arab IAIN Salatiga, studi Arab, 11 (1) 13-26 diakses dari https;//jurnal .yudharta.ac.id/v2/index.php/studi-arab

Satori, D Komariah, A (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2015). Metode penelitian Pendidikan pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Setyawati. (2010). Analisis kesalahan berbahasa Indonesia. Surakarta: Yuma Pustaka

Sitanggang, Sri Meragnes, (2017) Analisis kesalahan siswa kelas X SMAN 8 Makassar pada penggunaan possesiv pronomen dalam karangan sederhana, Skripsi Universitas negeri Makassar

Tarigan, Heri Guntur. (2011). Pengajaran analisis kesalahan berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung.

Yusri Mantasiah (2020) Analisis kesalahan berbahasa (sebuah pendekatan dalam sebuah pengajaran). Yogyakarta: CV Budi Utama


Article Metrics

Abstract view : 275 times | PDF view : 34 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Aldi Rahardian MS, Fatkhul Ulum, Muhammad Anwar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

 

E-ISSN: 2797-1287 

Al-Fashahah indexed by:

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.