Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Siswa terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Bahasa Arab di Kelas X MAS Pesantren Tarbiyah Takalar

Selmia Selmia(1*), Susiawati Susiawati(2), Ruhul Kudus(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/al-fashahah.v2i2.40437

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latar belakang pendidikan siswa terhadap hasil belajar pada mata pelajaran bahasa Arab. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif ex post fakto. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas Xa dan Xb yang berjumlah 45 siswa. Instrument  yang digunakan adalah angket dan dokumentasi hasil belajar. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial . Hasil penelitian menunjukkan bahwa  = 0,118 dan  = 2,016 maka  <  (0,118 < 2,016) artinya tidak ada pengaruh latar belakang pendidikan siswa terhadap hasil belajar pada mata pelajaran bahasa Arab di kelas X MAS Pesantren Tarbiyah Takalar.


Keywords


Pengaruh, pendidikan, hasil belajar, bahasa Arab

Full Text:

PDF

References


Dimyati & Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Farhan, Dimas. (2020). Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab pada Siswa MTs Negeri 24 Jakarta Timur. Skripsi. Universitas Negeri Jakarta.

Fitriana, Nur R. (2019). Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Siswa tehadap Prestasi Belajar Qur’an Hadist di MTs Raden Paku Wringinanom Gresik”. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Fadillah, Hasanatul R. (2019). Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Formal dan Adversity Quotient Siswa terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Qur’an Hadits di MTS Nurul Mujtahidin Mlarak Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.

Karmilawati dkk. (2021). Penerapan Metode Pembelajaran Reward And Punishment dalam Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman. Interference Journal of Language Literature, and Linguistics.

Lalo, L. S. (2019). Minat Belajar Siswa Terhadap Mata Pelajaran Bahasa Arab Di MTs Negeri 1 Manado. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Manado.

Latuconsina, Noviyanti S & Susiawati. (2019). Perspektif Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Makassar Terhadap Media Pembelajaran Pada Mata Kuliah Keterampilan Menulis. Prosiding Seminar Nasional LP2M UNM-2019.

Shubchan, M. A. (2021). Memahami Latar Belakang Pendidikan Peserta Didik: Telah Tentang Transfer dan Transformasi Belajar. Jurnal Perspektif – Yayasan Jaringan Kerja Pendidikan Bali ISSN 2807-1190.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Edisi ke-3 Cetakan ke-1. Bandung: Alpahabeta.

Siregar, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Jakarta: Kencana.

Undang-Undang Republik Indobesia No. 2 Tahun 1998 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.


Article Metrics

Abstract view : 1152 times | PDF view : 153 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Selmia Selmia, Susiawati Susiawati, Ruhul Kudus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

 

E-ISSN: 2797-1287 

Al-Fashahah indexed by:

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.