Hubungan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas XI SMA IT Al Fatih Makassar

Yayang Anugrah Lestari(1*), Muhammad Bachtiar Syamsuddin(2), Misnawaty Usman(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/al-fashahah.v2i2.40436

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar, prestasi belajar pada mata pelajaran bahasa Arab, serta hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar bahasa Arab siswa kelas XI SMA IT Al Fatih Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA IT Al Fatih Makassar dengan jumlah siswa 15 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala Likert dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis korelasi Spearman Rank dengan hasil koefisien korelasi sebesar 0.22 dengan nilai signifikansi sebesar 0.939. Hasil tersebut menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara variabel motivasi belajar dengan variabel prestasi belajar bahasa Arab siswa kelas XI SMA IT Al Fatih Makassar. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor yang tidak menjadi fokus dalam penelitian ini.


Keywords


hubungan, motivasi belajar, prestasi belajar bahasa Arab

Full Text:

PDF

References


Azwar.S. (2018). Penyusunan Skala Psikologi. Edisi 2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 93-196.

Halimah, S. (2020). Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar bahasa Arab siswa kelas VIII di MTs Muhammadiyah Purwokerto. Skripsi di Institut Agama Islam Negeri.

Jayanti, W. L. (2017). Hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar bahasa Arab mahasiswa bidikmisi di Ma’hadal-Jami’ah IAIN Kendari. Skripsi di Institut Agama Islam Negeri.

Parnawi, A. (2020). Psikologi Belajar. Yogyakarta: Deepublish.

Prihartanta, W. (2015). Teori-teori Motivasi. Jurnal Adabiya, 1(83), 1-11

Purnomo, H. (2019). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Lembaga Penelitian, Publikasi, dan Pengabdian Masyarakat (LP3M) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitati, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suralaga, F. (2021). Psikologi Pendidikan: Implikasi dalam Pembelajaran. Depok: Rajawali Pers.

Studer, B. & Knecht, S. (2016) Motivation Theory, Neurobiology and Applications. India: Zoe Kruze.

Tian, H., & Sun, Z. (2018). Academic Achievement Assessment: Principles and Methodology. Beijing: Educational Science Publishing House.

Usman, M. I. (2016). Pengaruh Kreativitas dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Bahasa Arab di MA di Al-Badar. Jurnal Lentera Pendidikan, 19 (1), 76-89.


Article Metrics

Abstract view : 140 times | PDF view : 34 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Yayang Anugrah Lestari, Muhammad Bachtiar Syamsuddin, Misnawaty Usman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

 

E-ISSN: 2797-1287 

Al-Fashahah indexed by:

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.