Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Bahasa Arab Siswa SMA IT Wahdah Islamiyah Makassar

Nurhikmah Rahing(1*), Jufri A P(2), Fauziah Bachtiar(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/al-fashahah.v2i2.40046

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, penerapan dan hasil peningkatan keterampilan menulis dalam pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe scramble. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penilaian siswa kelas XI IPS 2 SMA IT Wahdah Islamiyah Makassar yang berjumlah 23 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata keterampilan menulis siswa pada siklus I yaitu 55,32% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 86,61%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menulis siswa SMA IT Wahdah Islamiyah Makassar sebanyak 31,29%.


Keywords


Scramble, Keterampilan Menulis, Model Pembelajaran Kooperatif

Full Text:

PDF

References


Ahmadi & Ilmiani, A. M. (2020). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab (Konvensional hingga Era Digital). Ruas Media.

Devianty, R. (2017). Bahasa Sebagai Cermin Kebudayaan. Jurnal Tarbiyah, 24, 226–245.

Hendrawanto. (2020). Peningkatan Keterampilan Menulis Bahasa Arab (Kitābah) dengan Menggunakan Metode Scramble di Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Universitas Negeri Jakarta. Skripsi di Universitas Negeri Jakarta.

Noermanzah. (2019). Bahasa sebagai Alat Komunikasi, Citra Pikiran, dan Kepribadian. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa (Semiba), 306–319. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba

Rahayu, N. (2016). Penggunaan Metode Scramble untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Kalimat Bahasa Arab Materi Fil Madrasah pada Siswa Kelas V MI Da’watul Khoiriyah Gresik. Skripsi di UIN Sunan Ampel Surabaya.

Rusydi, S. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Arab Siswa Kelas VIII MTsN Pangkep. Skripsi di Universitas Negeri Makassar.

Setiowati, R. (2020). Analisis Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Kooperatif Tipe Scramble (Penelitian Studi Literatur). Skripsi di FKIP Unpas.

Susilo, H., Chotimah, H., & Sari, Y. D. (2011). Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Sarana Pengembangan Keprofesionalan Guru dan Calon Guru. Malang: Bayu Media

Syah, I. J. (2018). Pembelajaran Bahasa Arab Sebagai Bahasa Asing terhadap Anak Usia Dini. JCE: Journal of Childhood Education, 2, 1-16.

Wahida, B. (2017). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab (Studi Kasus terhadap Problematika Metodologis Pembelajaran Bahasa Arab di IAIN Pontianak). Jurnal Al-Astar STAI Mempawah, 7, 43–64.


Article Metrics

Abstract view : 140 times | PDF view : 32 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nurhikmah Rahing, Jufri A P, Fauziah Bachtiar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

 

E-ISSN: 2797-1287 

Al-Fashahah indexed by:

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.