Pengaruh Model Pembelajaran Tebak Kata terhadap Kemampuan Menghafal Mufrodat Bahasa Arab Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Al-Urwatul Wutsqaa Sidrap

Nurmiah Nurmiah(1*), Wahyu Kurniati Asri(2), Arief Fiddienika(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/al-fashahah.v2i2.39807

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian Expost Facto yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model tebak kata terhadap kemampuan menghafal mufrodat bahasa Arab siswa kelas X MIPA 2 Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Al-Urwatul Wutsqaa Sidrap. Variabel bebas dalam penelitian ini model pembelajaran tebak kata, sedangkan variabel terikatnya adalah menghafal mufrodat bahasa Arab. Populasi  dalam penelitian ini yakni 1 kelas yaitu kelas X MIPA 2 terdiri dari 30 siswa. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahawa model pembelajaran tebak kata berpengaruh terhadap kemampuan menghafal mufrodat bahasa Arab siswa kelas X MIPA 2 Pondok Pesantren Al-Urwatul Wutsqaa Sidrap. Dengan hasil t hitung yaitu 0,000 < 0,05, sehingga ditetapkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya terdapat pengaruh model pembelajaran tebak kata terhadap kemampuan menghafal mufrodat bahasa Arab siswa kelas X MIPA 2 Pondok Pesantren Al-Urwatul Wutsqaa Sidrap.

Keywords


Pengaruh, model pembelajaran tebak kata, menghafal mufrodat bahasa Arab

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Asifuddin, Ahmad Djanan. (2004). Etos Kerja Islami. Penerbit Universitas Muhammadiyah. Surakarta.

Hermawan, Acep. (2011). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Khairani. (2016). Penelitian Geografi Terapan. Edisi 1. Jakarta: Kencana

Purwanto, N. (2009). Prinsip-Prinsip Dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.

Rosyidi. (2009). Media Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: Uin Malang Press.

Saefuddin & Berdiati. (2014). Pembelajaran Efektif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Said, Alamsyah dan Andi Budimanjaya. (2015). Strategi Mengajar Multiple Intelligences. Jakarta: Prenada Media Group.

Salmawati. (2018). Pengaruh Penguasaan Mufrodat Terhadap Keterampilan Berbahasa Arab Siswa MTS Kelas VIII Muhammadiyah Benteng Selayar. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar (Unismuh).

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Suprijono, Agus. (2009). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Suprijono, Agus. (2010). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Media.

Suprijono, Agus. (2015). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu, Konsep Strategi dan Implementasinya dalam KTSP. Jakarta: Bumi Aksara.

Turniasih. (2013). Keefektifan Model Tebak Kata Terhadap Minat Dan Hasil Belajar PKN Materi Komponen Pemerintah Pusat Di Indonesia Kelas IV SD Negeri Debong Tengah 1, 2, Dan 3. Tegal.

Zaenuddin, Radliyah. (2005). Metodologi Dan Strategi Alternatif Pembelajaran Bahasa Arab . Cirebon: Pustaka Rihlah Group.

Zulmiati, Andi. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Tebak Kata terhadap Kemampuan Siswa dalam Menghafal Mufrodat Bahasa Arab Di Kelas VII MTs Annur Nusa. Skripsi. Institut Agama Islam (IAI) Sinjai.


Article Metrics

Abstract view : 167 times | PDF view : 31 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nurmiah Nurmiah, Wahyu Kurniati Asri, Arief Fiddienika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

 

E-ISSN: 2797-1287 

Al-Fashahah indexed by:

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.