Efektivitas Metode SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual) dalam Penguasaan Mufradat Siswa Kelas X IIS MAN 1 Kota Makassar

Islamiyah Sulaeman(1*), Sitti Muthmainnah(2), Nurming Saleh(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/al-fashahah.v2i2.39806

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui keefektifan metode SAVI dalam penguasaan mufradat siswa kelas X IIS MAN 1 Kota Makassar. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penggunaan metode SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual), sedangkan variabel terikat pada penelitian ini adalah penguasaan mufradat. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IIS MAN 1 Kota Makassar yang berjumlah 114 siswa. Adapun sampel dalam penelitian ini berjumlah 72 siswa yang terdiri dari 36 siswa kelas X IIS 1 MAN 1 Kota Makassar sebagai kelas eksperimen dan 36 siswa kelas X IIS 3 MAN 1 Kota Makassar sebagai kelas kontrol yang dipilih melalui teknik random sampling. Data hasil penelitian yang diperoleh dengan memberikan pre-test dan post-test tertulis pada materi “Al-Hiwayah”. Nilai rata-rata (mean) pre-test siswa pada kelas eksperimen adalah 52,7, Nilai rata-rata  (mean) pre-test siswa pada kelas kontrol adalah 42,2. Perbedaan nilai rata-rata (mean) pre-test kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 10,5. Nilai rata-rata (mean) post-test pada kelas eksperimen adalah 86,5. Nilai rata-rata (mean) post-test pada kelas kontrol adalah 51,9. Perbedaan nilai rata-rata (mean) post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 34,6. Hasil perhitungan uji-t taraf signifikasi 0,05 diperoleh nilai thitung 5,27 > ttabel 1,997. Hal ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual) efektif dalam penguasaan mufradat siswa kelas X IIS MAN 1 Kota Makassar.


Keywords


Efektivitas; metode SAVI; mufradat.

Full Text:

PDF

References


Hamruni. (2008). Konsep Edutainment Dalam Pendidikan Islam. Yogyakarta: Bidang Akademik.

Jayanti, M. D. (2017). Pengaruh Penguasaan Mufradat dan Pemahaman Bacaan Terhadap Keterampilan Menulis Narasi. Jurnal Belajar Bahasa, 2(2).

Meier, D. (2005). The Accelerated Learning HandBook: Panduan Kreatif dan Efektif Merancang Progra Pendidkan dan Pelatihan. Bandung: Kaifa.

Mufidah, N., & Intan Izha Rohima. (2020). Pengajaran Mufradat Untuk Mahasiswa Kelas Intensif Bahasa Arab. Uniqbu Journal Of Social Sciences (UJSS), 1(1), 13-24.

Mustofa, B., & Abdul Hamid. (2017). Metode dan Strategi pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UIN Maliki Press.

Shoimin, Aris. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Metode Kuantitatif,. Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kulitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). Bandung: Penerbit Alfabeta.

Suyatno. (2009). Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: Masmedia Buana.


Article Metrics

Abstract view : 103 times | PDF view : 23 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Islamiyah Sulaeman, Sitti Muthmainnah, Nurming Saleh

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

 

E-ISSN: 2797-1287 

Al-Fashahah indexed by:

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.