Kemampuan Membaca Memahami Teks Bahasa Arab Siswa Kelas IX SMP IT Al-Ishlah Maros

Suci Amalia(1*), Enung Mariah(2), Hasmawati Hasmawati(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/al-fashahah.v2i2.39804

Abstract


Penelitian ini bertujuan memperoleh data mengenai tingkat kemampuan membaca memahami teks bahasa Arab siswa kelas IX SMP IT Al-Ishlah Maros. Untuk pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan instrumen penelitian berbentuk tes tertulis yaitu tes pilihan ganda dan tes benar salah berupa tes objektif yang dianalisis menggunakan teknik persentase. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP yang terdiri dari dua kelas yang berjumlah 82 siswa dan sampel penelitian adalah siswa kelas IX b SMP sebanyak 42 siswa yang dipilih secara random sampling. Berdasarkan analisis data yang diperoleh menunjukkan bahwa kemampuan membaca memahami teks bahasa Arab siswa kelas IX SMP IT Al-Ishlah Maros termasuk dalam kategori cukup (58%).

Keywords


kemampuan, membaca memahami, teks, bahasa Arab

Full Text:

PDF

References


Ågotnes, T., Goranko, V., Jamroga, W., & Wooldridge, M. (2015). Knowledge and Ability. 543–589. College Publications.

Alfulaila, N., & Ngalimun. (2014). Pembelajaran Keterampilan berbahasa Indonesia. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Artanti, Y. B. (2018). Terampil Membaca. Klaten: PT. Intan Pariwara.

Azizifar, A., Roshani, S., Gowhary, H., & Jamalinesari, A. (2015). The Effect of Pre-reading Activities on the Reading Comprehension Performance of Ilami High School Students. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 192, 188–194. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.06.027. Dubai: United Arab Emirates.

Budiarti, W. N., & Haryanto. (2016). Pengembangan Media Komik Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Keterampilan Membaca Memahami Siswa Kelas IV. Jurnal Prima Edukasia, 4, 233–242.

Djiwandono, S. (2008). Tes Bahasa. Jakarta: PT. Indeks.

Fahmi, S. F. (2014). Kemampuan Membaca Pemahaman Buku Teks Bahasa Arab Siswa Kelas 2 Bahasa Madrasah Aliyah Negeri Gondanglegi. Malang: Universitas Negeri Malang.

Fatmasari, R. K., & Fitriyah, H. (2018). Keterampilan Membaca. Bangkalan: STKIP PGRI Bangkalan.

Naolaka, A. (2017). Landasan Pendidikan (Edisi Pertama). Banjarmasin: Comdes.

Purwanto, N. (2008). Prinsip-Prinsip dan Teknik-Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT. REMAJA ROSDAKARYA.

Saepuddin, M. P. (2012). Pembelajaran keterampilan berbahasa Teori dan Aplikasi. In Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Arab. Yogyakarta: TrustMedia Publishing.

Soelaiman. (2007). Manajemen Kinerja; Langkah Efektif Untuk Membangun, Mengendalikan Dan Evaluasi Kerja. Jakarta: PT.Intermedia Personalia Utama.

Sumadyo, S. (2011). Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Syarifuddin. (2012). Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat. Medan: Perdana Publishing.

Tarigan, H. G. (2015). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Bahasa. Bandung: Percetakan Angkasa.


Article Metrics

Abstract view : 342 times | PDF view : 60 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Suci Amalia, Enung Mariah, Hasmawati Hasmawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

 

E-ISSN: 2797-1287 

Al-Fashahah indexed by:

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.