Efektivitas Media Gambar dalam Penguasaan Kosakata (Mufradat) Bahasa Arab Siswa Kelas VIII MTSN 1 Jeneponto

Riska Idris(1*), Syarifah Fatimah Al Ilmullah(2), Alamsyah Alamsyah(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/al-fashahah.v2i1.34053

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimental Design yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas media gambar dalam penguasaan kosakata (mufradat) bahasa Arab siswa kelas VIII MTsN 1 Jeneponto. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah media gambar, sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah penguasaan kosakata (mufradat) bahasa Arab. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN 1 Jeneponto yang berjumlah 256 orang. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN 1 Jeneponto yang berjumlah 64 orang yaitu kelas VIII A sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 32 orang dan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 32 orang dengan pengambilan sampel yaitu random sampling. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan tes pre-test dan post-test secara tulisan pada materi “Profesi Medis”. Hasil perhitungan uji-t yang menunjukkan bahwa thitung (5,101) > ttabel (1,999) dengan taraf signifikan 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa media gambar efektif dalam penguasaan kosakata (mufradat) bahasa Arab siswa kelas VIII MTsN 1 Jeneponto.


Keywords


Efektivitas, Media Gambar, Penguasaan Kosakata (mufradat)

Full Text:

PDF

References


Afrila, A. 2019. Efektivitas Penggunaan Media Gambar dalam Layanan Informasi untuk Meningkatkan Interaksi Sosial Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 34 Pekanbaru. Skripsi UIN Sultan Syarif Kasim Riau.

Arsyad, A. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Astuti, W. 2016. Berbagai Strategi Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Arab. Journal Al-Manar, 5(2).

Fithroh, I. 2019. Efektivitas Penerapan Metode Bernyanyi Berbasis Media Gambar Terhadap Penguasaan Mufrodat Bahasa Arab pada Kelas III Materi أعضاءاألسرة di MI Miftahul. Skripsi UIN Walisongo Semarang.

Mustofa, S. 2011. Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Inovatif. UIN-Maliki Press.

Nurafiat. 2019. Efektivitas Media Gambar dalam Penguasaan Kosakata (Mufradat) Bahasa Arab Siswa Kelas SMA Muhammadiyah Limbung. 1–9. Skripsi Universitas Negeri Makassar.

Purwanto, M. N. 2012. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Putri, R. A. 2019. Efektivitas Media Flash Card Terhadap Penguasaan Mufradat Bahasa Arab Peserta Didik Kelas III MIN 2 Bandar Lampung. UIN Raden Intan Lampung.

Rosyidi, A. W., & Ni’mah, M. 2011. Memahami Konsep Dasar Pembelajaran Bahasa Arab. UIN-Maliki Press.

Siska, Y. 2018. Pembelajaran IPS di SD/MI. Lampung:Garudhawaca.

Sugiyono, D. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta

Tuli, F. 2015. "Pemanfaatan Media Gambar Dalam Pembelajaran Mufradât di SD IT Al-Insyirah Kec. Biringkanaya Makassar". Skripsi Universitas Hasanuddin.


Article Metrics

Abstract view : 537 times | PDF view : 96 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Riska Idris, Syarifah Fatimah Al Ilmullah, Alamsyah Alamsyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

 

E-ISSN: 2797-1287 

Al-Fashahah indexed by:

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.