Efektivitas Penggunaan Metode Imla’ dalam Meningkatkan Maharah Kitabah Siswa Kelas X MA Al-Wasilah Lemo Polman

Ridha Amaliah(1*), Wahyu Kurniati Asri(2), Muhammad Anwar(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/al-fashahah.v2i1.34052

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimental Design yang bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan metode imla’ (imla’ manqul) dalam meningkatkan keterampilan menulis (maharah kitabah) siswa kelas X MA Al-Wasilah Lemo Kec. Binuang, Kab. Polewali Mandar, Sulawesi Barat. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penggunaan metode imla’ (imla’ manqul) sedangkan variabel terikat pada penelitian ini adalah keterampilan menulis (maharah kitabah). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MA Al-Wasilah Lemo Kab. Polewali Mandar yang berjumlah 78 siswa. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MA Al-Wasilah Lemo sebanyak 60 siswa yang terdiri dari kelas X Agama 2 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa sebanyak 30 siswa dan kelas X Agama 1 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa sebanyak 30 siswa yang dipilih dengan menggunakan teknik pengambilan sampel bertujuan (purposive sampling). Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan pre-test dan post-test tertulis pada materi “Kehidupan Sehari-hari”. Hasil perhitungan uji-t pada taraf signifikan 0,05 diperoleh nilai thitung 7,0595 > ttabel 2,000. Sehingga hal ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode imla’ (imla’ manqul) efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis (maharah kitabah) siswa kelas X MA Al-Wasilah Lemo Kabupaten Polewali Mandar.


Keywords


Efektivitas, Metode imla’, Imla’ manqul, maharah kitabah

Full Text:

PDF

References


Effendy, Ahmad Fuad. 2012. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: Mirikat.

Fajriah. 2020. “Strategi Pembelajaran Maharah Al-Kitabah pada Tingkat Ibtidaiyah”. Banda Aceh: 4.

Hermawan, Acep. 2018. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Izzan, A. 2015. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: PT. Humaniora Utama Press.

Mega, P., & Atina Rizqon, Z. 2020. “Penerapan Metode Imla pada Pembelajaran Kitabah Kelas IX di Pondok Pesantren Hamalatul Quran Yogyakarta”. Ihtimam: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(2), 120.

Munawarah. 2020. “Pembelajaran Keterampilan Menulis (Maharah al-Kitabah) dalam Bahasa Arab”. Loghat Arabi: Jurnal Bahasa Arab dan Pendidikan Bahasa Arab, 1(2), 26.

Munjiah, Ma’rifatul. 2019. Kaidah-Kaidah Imla Teori dan Praktik. Malang: UIN Maliki Press.

Mustofa, Syaiful. 2020. Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Inovatif. Malang: UIN Maliki Press.

Rosyidi, A. W. 2012. Memahami Konsep Dasar Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UIN Maliki Press.

Saepudin. 2012. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Arab. Yogyakarta: Trust Media Publishing.


Article Metrics

Abstract view : 491 times | PDF view : 127 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ridha Amaliah, Wahyu Kurniati Asri, Muhammad Anwar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

 

E-ISSN: 2797-1287 

Al-Fashahah indexed by:

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.