Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Melalui Model Pembelajaran Make a Match Siswa Kelas VIII SMP Buq’atun Mubarakah Makassar

Ibrahim Murdianto(1), Ambo Dalle(2), Arief Fiddienika(3*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/al-fashahah.v2i1.34050

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang bagaimana perencanaan serta proses dan hasil perolehan data dari pembelajaran kosakata bahasa Arab melalui model make a match. Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilaksanakan dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Untuk subjek penelitiannya adalah siswa kelas VIII SMP Buq’atun Mubarakah Makassar, yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini adalah observasi, tes, serta dokumentasi. Hasil rata-rata siswa 53,66% (Pre-test), dan rata-rata siswa  79% (Siklus I) kemudian meningkat menjadi 97,33% (Siklus II). Dengan demikian hasil dari pembelajaran make a match pada pos-test siklus II dapat dikatakan berhasil meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Arab melalui model pembelajaran make a match siswa kelas VIII SMP Buq’atun Mubarakah Makassar.


Keywords


Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab, Model Pembelajaran Make a Match

Full Text:

PDF

References


Hasrar, Ambo., D, Misnawaty., U. 2018. “Hubungan Penguasaan Kosakata dengan Keterampilan Menulis Karangan Deskriptif Bahasa Jerman Siswa”. jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra, Vol. 2, No. 2, 32-40

Hunainah. 2015. “Penerapan Model Make A Match untuk Meningkatkan Pembelajaran Bahasa Arab pada SDIT Al-Qonita Palangka Raya”. Jurnal Hadratul Madaniyah, Vol. 2, No. 2, 195-204.

Iskandar, A. 2012. Panduan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru. Jakarta: Bestari Buana Murni.

Kusumah, W & Dedi, D. 2016. Mengenal Penelitian Tindakan

Kelas (2nd ed). Jakarta: Indeks.

Mubarok, Z. (2018). “Pengaruh Minat Membaca dan Penguasaan Kosakata Terhadap Keterampilan Berpidato Survey Pada Siswa MAN di Jakarta”. Jurnal Mandiri: Ilmu Pengetahuan, Seni, dan Teknologi, 2(1), 201-225.

Purwanto, M.N. 2012. Prinsip-prinsip dan teknik evaluasi pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rosyidi, M.H. 2013. “Penerapan metode make a match dalam meningkatkan hafalan mufrodat pada mata pelajaran Bahasa Arab siswa kelas V madrasah ibtidaiyah Matholiul Falah Nambi Karangrejo Manyar Gresik.” Skripsi, hal 91.

Suprijono, Agus. 2013. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Yani, I.A., Ike, A.R., Ali, A.K. 2018. “Pengaruh Kompetensi Berbahasa Asing dan Pengorganisasian dalam Menunjang Karir Dibidang Public Relations”. Jurnal Komunikatio, Vol. 4, No 2, 1-11.

Zulhanan. 2015. Teknik Pembelajaran Bahasa Arab Interaktif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada


Article Metrics

Abstract view : 545 times | PDF view : 95 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ibrahim Murdianto, Ambo Dalle, Arief Fiddienika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

 

E-ISSN: 2797-1287 

Al-Fashahah indexed by:

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.