Penggunaan Media Gambar dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Dialog Sederhana Berbahasa Arab Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah Palu

Dina Mutiatunnisa(1*), Mantasiah Rifai(2), Fatkhul Ulum(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/al-fashahah.v2i1.34049

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, proses penggunaan, serta hasil pembelajaran yang didapatkan khususnya pada peningkatan keterampilan menulis dialog sederhana siswa melalui penggunaan media gambar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Muhammadiyah Palu dengan jumlah siswa 17 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian ini terdiri atas 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri atas 3 kali pertemuan, yakni 2 kali pertemuan penerapan media dan 1 kali pertemuan evaluasi hasil pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa yang diperoleh di siklus I yaitu 66,23 dan siklus II yaitu 84,82. Dengan demikian, ada peningkatan hasil belajar sebesar 18,59%. Hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan media gambar dapat meningkatkan keterampilan menulis dialog sederhana siswa dalam pembelajaran bahasa Arab kelas X SMK Muhammadiyah

Keywords


Keterampilan Menulis, Dialog Sederhana, Media Gambar

Full Text:

PDF

References


Amir, A. (2016). "Penggunaan Media Gambar dalam Pembelajaran Matematika". Jurnal Eksakta, 2(1), 34–40.

Hartinah, & Abdullah, S. I. (2019). "Pengaruh Minat Baca dan Persepsi Atas Perpustakaan Sekolah terhadap Keterampilan Menulis Narasi". Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 1(02), 127. https://doi.org/10.30998/diskursus.v1i02.5289

Indraswari, S., & Nurbaeti, S. (2018). Target Nilai 100 Ulangan Harian Semua Pelajaran SD/MI Kelas 5 (1st ed.). Bmedia Imprint Kawan Pustaka.

Lasiratan, W. (2019). "Pada Teks Dialog Siswa Kelas Viic Di Smp Negeri 4 Tolitoli". Jurnal Bahasa Dan Sastra, 4(3), 35–48.

Magdalena, R. (2017). "Bacaan Melalui Pembelajaran Tipe Circ ( Cooperative Integrated Reading and Composition )". DEIKSIS, 09(02), 194–203.

Mashuri, S. (2019). Media Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Deepublish.

Melalolin, L. M., Hartini, N. M. S. A., & Mahayanti, N. W. S. (2020). "Peningkatan Keterampilan Menulis Recount Text Melalui Pendekatan Genre Based". Indonesian Journal of Instruction, 1(1), 37–44.

Pujilestari, Y., & Susila, A. (2020). "Pemanfaatan Media Visual dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan". Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi, 19(02), 40–47.

Putra, M. S., & Tuasikal, A. R. S. (2017). "Pemanfaatan Media Visual Terhadap Hasil Belajar Dribble Bola Basket (Studi Pada Siswa Kelas Xii Smalb-B Dharma Wanita Sidoarjo)". Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 5(2), 266–271.

Rinaldi, I. M. (2020). "Peningkatan kemampuan menulis dialog sederhana sesuai unggah-ungguh Bahasa Jawa dengan menggunakan metode role playing". Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 1–8.

Saefuloh, H. (2015). "Pembelajaran Kemahiran Menulis Bahasa Arab". Jurnal El-Ibtikar, 4(2), 33–67.

Sanjaya, W. (2016). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: Prenada Media.

Santoso, P. dwi, & Mudjihartono. (2016). "Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Perkembangan Afektif Kognitif Dan Psikomotor Siswa Dalam Pembelajaran Permainan Futsal". Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 1(1), 38–47.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryadi, A. (2015). Membuat Media Pembelajaran Untuk Pemula. Surabaya: CV. Garuda Mas Sejahtera.

Taris, L., & Rifai, M. (2016). "Implementasi Media Pembelajaran Anti Korupsi Berbais Gender Untuk Menanamkan Nilai-Nilai Kejujuran di SD". Jurnal Penelitian Pendidikan INSANI, 19(2), 100–107.


Article Metrics

Abstract view : 174 times | PDF view : 56 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Dina Mutiatunnisa, Mantasiah Rifai, Fatkhul Ulum

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

 

E-ISSN: 2797-1287 

Al-Fashahah indexed by:

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.