Efektivitas Metode Resitasi dalam Keterampilan Menulis Bahasa Arab Siswa Kelas XI Islam Terpadu Wahdah Islamiyah Makassar
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.59562/al-fashahah.v2i1.34048
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian True Experimental Design yang bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan metode resitasi dalam keterampilan menulis siswa kelas XI SMA Islam Terpadu Wahdah Islamiyah Makassar. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penggunaan metode resitasi sedangkan variabel terikat pada penelitian ini adalah keterampilan menulis. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Islam Terpadu Wahdah islamiyah Makassar yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah keseluruhan 90 siswa, adapun sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2 dan kelas XI IPS 2. Untuk kelas XI Mipa 2 sebanyak 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 sebanyak 30 siswa sebagai kelas kontrol dengan menggunakan teknik sampel acak (random sampling). Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan pretest dan posttest tertulis pada materi “Isim, Fi’il, dan Harfu”. Hasil perhitungan uji-t pada taraf signifikan 0,05 sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai ttabel sebesar 2,010 dan thitung sebesar 5,147 dimana menunjukkan 5,147 > 2,010 yang artinya thitung lebih besar dari ttabel maka sebagaimana kaidah pengujian Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode resitasi efektif dalam keterampilan menulis siswa kelas XI SMA Islam Terpadu Wahdah Islamiyah Makassar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arfah, H. 2015. "Efektivitas metode resitasi dalam meningkatkan kemampuan peserta didik menghafal mufrodat pada pelajaran bahasa Arab kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Hasri Agang Je’ne Kab. Jeneponto. 151, 10–17." https://doi.org/10.1145/3132847.3132886
Ariningtyas, P. S. 2019. "Penerapan Metode Resitasi dalam Pembelajaran Menulis Hanzi pada Siswa Kelas X SMA Wijaya Putra Surabaya Tahun Pelajaran 2018/2019". April, 33–35.
Hermawan, A., & Alwasilah, C. 2011. Metodologi pembelajaran bahasa Arab. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Iskandarwasit, S. n.d. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT. Remaja Rosda.
Johar, R., & Hanum, L. 2016. Strategi belajar mengajar. Yogyakarta: Deepublish.
Riduwan, M. B. A. 2006. Belajar mudah penelitian untuk guru-karyawan dan peneliti pemula. Bandung: Alfabeta.
Sagala, S. 2010. Konsep dan makna pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sutisno, A. 2017. "Efektivitas metode resitasi pada pembelajaran menulis puisi". Penelitian Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1), 31–47.
Syaiful, S. 2013. Konsep dan makna pembelajaran untuk membantu memecahkan problematika belajar dan mengajar. Bandung: Alfabeta.
Tarigan, H. G. 2008. "Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa". Bandung: Angkasa.
Article Metrics
Abstract view : 168 times | PDF view : 36 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Nurul Jihad Hamka, Misnawaty Usman, Susiawati Susiawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
E-ISSN: 2797-1287
Al-Fashahah indexed by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.