Efektivitas Metode Permainan Bisik Berantai dalam Maharah Istima’ Siswa Kelas VIII MTS Attaufiq Padaelo Kabupaten Barru

Ani Amiruddin(1*), Misnah Mannahali(2), Siti Muthmainnah(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/al-fashahah.v2i1.34046

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimental Design yang bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan metode permainan bisik berantai dalam maharah istima’ siswa kelas VIII MTs Attaufiq Padaelo Kabupaten Barru. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penggunaan metode permainan bisik berantai, sedangkan variabel terikat pada penelitian ini adalah maharah istima’. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Attaufiq Padaelo Kabupaten Barru yang berjumlah 71 orang, adapun sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Attaufiq Padaelo Kabupaten barru sebanyak 48 orang yang terdiri dari kelas VIII 2 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 24 orang dan kelas VIII 1 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 24 orang yang dipilih dengan teknik sampel acak (random sampling). Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan pre-test dan post-test tertulis pada materi “Olahraga”. Hasil perhitungan uji-t pada taraf signifikan 0,05 diperoleh nilai thitung 4,919 ˃ ttabel 2,013. Hal ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode permainan bisik berantai efektif dalam maharah istima’ siswa kelas VIII MTs Attaufiq Padaelo Kabupaten Barru.


Keywords


keefektifan, Permainan bisik berantai, maharah istima’

Full Text:

PDF

References


Halim, M. J., Mariah, E., & Usman, M. 2021. Peningkatan Maharah Al Kitabah melalui Media Pembelajaran Permainan Tartibul Jumlah Siswa Kelas XI MIA 2 MA Pondok Pesantren Al Urwatul Wutsqaa Benteng Sidrap. Al-Fashahah : Journal of Arabic Education , Linguistics , and Literature. Vol.1, No.1, : 1–15.

Budinuryanta. 2008. Pengajaran Keterampilan Berbahasa. Jakarta: Rineka Cipta.

Khasanah, R. 2019. Pengaruh Metode Permainan Bisik Berantai terhadap Keterampilan Menyimak Pelajaran Bahasa Arab Materi الادوات المدرسية Siswa Kelas IV MI Islamiyah Keputon Blado Batang Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi di UIN Walisongo Semarang.

Mardiyatmo, E. U. 2010. Kumpulan Permainan Seru. Yogyakarta: Andi Offset.

Nurjamal, D, dkk. 2011. Terampil Berbahasa. Bandung: Alfabeta.

Rosyidi, A. W. (2009). Media pembelajaran bahasa Arab. UIN-Maliki Press.

Saddhono, K., & Slamet. 2014. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia Yogyakarta: Graha Ilmu.

Safi’ah, I. 2012. Studi Eksperimen Permainan Bahasa Bisik Berantai terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas V SD Islam Hidayatullah Banyumanik Semarang Semester Genap Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi di IAIN Walisongo.

Sapitri, D. P. 2021. Pengaruh Metode Permainan Bahasa Bisik Berantai terhadap Keterampilan Menyimak Kalimat pada Siswa Kelas IV SDIT IQRA’2 Kota Bengkulu. Skripsi di IAIN Bengkulu.

Sugiyono, D. R. (2009). Metodologi penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.


Article Metrics

Abstract view : 564 times | PDF view : 111 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ani Amiruddin, Misnah Mannahali, Siti Muthmainnah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

 

E-ISSN: 2797-1287 

Al-Fashahah indexed by:

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.