Kemampuan Menyimak Teks Bahasa Arab Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah Disamakan Wilayah Sulawesi Selatan

Aulia Shafira(1*), Muhammad Bachtiar Syamsuddin(2), Hasmawati Hasmawati(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/al-fashahah.v2i1.32991

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan menyimak teks bahasa Arab siswa kelas X SMA Muhammadiyah Disamakan Wilayah Sul-Sel. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Muhammadiyah Disamakan Wilayah Sul-Sel yang berjumlah 12 orang siswa. Adapun sampel pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Muhammadiyah Disamakan Wilayah Sul-Sel sebanyak 12 siswa yang terdiri dari kelas IIS dengan jumlah siswa 9 orang dan kelas MIA dengan jumlah siswa 3 orang. Data hasil penelitian ini diperoleh dengan memberikan tes tertulis pada siswa dengan tema “Tempat Tinggal”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan siswa kelas X SMA Muhammadiyah Disamakan Wilayah Sul-Sel berada pada kategori baik dengan persentase 78,09%.


Keywords


kemampuan, menyimak, teks bahasa Arab

Full Text:

PDF

References


Andjeriani. 2019. “Problematika Pembelajaran Keterampilan Menyimak Bahasa Arab Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar”. Skripsi. Makassar: Universitas Negeri Makassar

Appkey. 2020. Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding. https://appkey.id/pembuatan-website/teknologi-web/encoding-adalah/.

Arham, Muhammad. 2017. “Kemampuan Bahasa Arab Siswa Kelas XII Bahasa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Polewali Mandar”. Tesis. Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar.

Asyrofi, Syamsuddin & Toni Pransiska. 2019. Desain Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Pustaka Ilmu.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Panduan Penilaian Oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan Sekolah Menengah Atas. Jakarta.

Djumingin, Sulastriningsih. 2017. Penilaian Pembelajaran Bahasa & Sastra Indonesia: Teori dan Penerapannya. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Hamid, Abdul. 2013. Mengukur Kemampuan Bahasa Arab untuk Studi Islam. Malang: UIN-Maliki Press.

Putri, Citra Gandhini. 2013. “Analisis Kemampuan Menyimak Mahasiswa Sastra Arab Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sumatera Utara”. Skripsi. Medan: Universitas Sumatera Utara.

Riduwan & Akdon. 2015. Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. Bandung: Alfabeta.

Sudjana, Nana. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tarigan, Henry Guntur. 2015. Menyimak sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: CV. Angkasa.

Wardani, A. 2018. “Pengaruh Kemampuan Kerja dan Semangat Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Kendal)”. Skripsi. IAIN Salatiga.

Zulhannan. 2015. Teknik Pembelajaran Bahasa Arab Interaktif. Jakarta: Rajawali Pers.


Article Metrics

Abstract view : 192 times | PDF view : 61 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Aulia Shafira, Muhammad Bachtiar Syamsuddin, Hasmawati Hasmawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

 

E-ISSN: 2797-1287 

Al-Fashahah indexed by:

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.