Keterampilan Berbicara (Maharah Al-Kalam) Bahasa Arab Siswa Kelas XI MA Al-Balad Kamande Kecamatan Tutar Kabupaten Polewali Mandar

Darmisa Darmisa(1*), Syarifah Fathimah Al Ilmullah(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/al-fashahah.v1i2.30850

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk memperoleh data tingkat kemampuan berbicara bahasa Arab Siswa Kelas XI MA Al-balad Kamande Kecamatan Tutar Kabupaten Polewali Mandar dan  Faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan berbicara bahasa Arab kelas XI MA Al-balad Kamande Kecamatan Tutar Kabupaten Polewali Mandar,  Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa Kelas XI MA Al-Balad Kamande Kecamatan Tutar Kabupaten Polewali Mandar berjumlah 20 siswa dari satu kelas, sampel penelitian ini adalah Siswa Kelas XI MA Al-Balad Kamande Kecamatan Tutar Kabupaten Polewali Mandar dari 20 siswa penerikan sampel secara (rendong sampling) dari populasi yang ada. Berdasarkan analisis data yang diperoleh hasil persentase: kemampuan berbicara bahasa Arab Siswa Kelas XI MA Al-Balad Kamande Kecamatan Tutar Kabupaten Polewali Mandar adalah 44% termasuk kategori cukup. Faktor-faktor yang mempengaruhi Kemampuan Berbicara Bahasa Arab Siswa Kelas XI MA Al-Balad Kamande Kecamatan Tutar Kabupaten Polewali Mandar, termasuk dalam kategori baik, dari faktor internal dan faktor eksternal. Adapun faktor Internal yang paling mempengaruhi sebanyak 10 siswa (50%) dari jumlah sampel mengatakan belajar bahasa Arab sangat penting, dan faktor eksternal yang paling mempengaruhi sebanyak 11 siswa (55%), mengatakan metode pengajaran guru dalam pelajaran bahasa Arab penting, dan  8 siswa (40%) dari jumlah sampel mengatakan lokasi waktu pelajaran bahasa Arab di sekolah cukup.


Keywords


Keterampilan Berbicara Bahasa Arab, Maharah Kalam, Deskriptif Kuantitatif

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi 2007 Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta Bumi Aksara.

Abidin, Yunus 2012 Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: PT Refika Aditama.

Djiwandono, Soenardi. 2011 Tes Bahasa Pegangan bagi Pengajar Bahasa. Jakarta PT Indeks.

Feronica, Sardan. 2016. Analisis Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V SD Negeri 25 Indralaya Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Indralaya. Skripsi. Universitas Sriwijaya

Hasani, M Iqbal. 2014. Meningkatkan Keterampilan Berbicara Dengan Metode Tanya Jawab Terhadap Para Siswa Kelas VIII di MTs Husnul Khotimah Tembalang Semarang. Skripsi. UIN Walisongo.

Resmiah. 2011. Meningkatkan Keterampilan Berbicara Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Metode Tanya Jawab Dengan Media Gambar Pada Pada Siswa 11 MIS Assalam Kecamatan Martapura Kabupaten Banjar Banjarmasin. Skripsi. IAIN Antasari Banjarmasin.

Sudjana 2005 Sistem Membaca Cepat dan Efektifitas. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.


Article Metrics

Abstract view : 443 times | PDF view : 30 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Darmisa Darmisa, Syarifah Fathimah Al Ilmullah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

 

E-ISSN: 2797-1287 

Al-Fashahah indexed by:

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.