Analisis Kesalahan Penulisan Insya' Siswa Kelas XI SMA Islam Nurul Ilmi Rappolemba Kabupaten Gowa

Muhammad Jaelani(1*), Jufri A.P(2), Muh. Bachtiar Syamsuddin(3),

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/al-fashahah.v1i2.21762

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai kesalahan penulisan insya’.Variabel tunggal dalam penelitian ini adalah kesalahan penulisan insya’ kalimat sempurna (jumlah Mufida) yaitu jumlah fi’liah dan jumlah ismiah yang mencakup tentang kesalahan susunan kata dalam suatu kalimat dan kesalahan bentukan atau tasrif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 35 siswa. Sampel yang digunakan adalah sampel total. Instrumen penelitian ini berupa tes, angket, dan wawancara. Dari hasil analisis data, diketahui bahwa kesalahan-kesalahan siswa dalam penulisan insya’ yang dilakukan oleh siswa sebanyak 227 kesalahan. Kesalahan-kesalahan tersebut terdiri dari dua jenis kesalahan. Kesalahan pada susunan kata dalam kalimat berjumlah 108 kesalahan dengan frekuensi 47,58%, adapun  kesalahan bentukan atau tashrif  berjumlah 119 dengan frekuensi 52,42%. Kesalahan-kesalahan tersebut disebabkan oleh beberapa faktor antara lain: kurangnya minat dan motivasi serta semangat siswa dalam mempelajari penulisan insya’, sebagian besar siswa kelas XI SMA Islam Nurul Ilmi Rappolemba Kabupaten Gowa adalah tamatan SMP yang baru belajar bahasa Arab,  kurangnya motivasi dari guru,  siswa kurang memahami materi insya’ yang diberikan, media yang digunakan guru kurang variatif, metode pembelajaran yang kurang cocok, cara guru  mengajar kurang menarik, latar belakang pendidikan guru bukan dari pendidikan bahasa Arab, guru belum berpengalaman dalam mengajar, buku pegangan bahasa Arab  siswa masih kurang, tidak adanya buku bahasa Arab di perpustakaan, guru sering tidak mengajar saat pembelajaran bahasa Arab.

 

Kata kunci: analisis kesalahan, penulisan insya’


Full Text:

PDF

References


Dewi, S. I., & Intan, K. 2014. Analisis kesalahan siswa kelas viii dalam menyelesaikan soal pada materi faktorisasi bentuk aljabar smp negeri 1 kamal semester gasal tahun ajaran 2013/2014. Mathedunesa Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika.

Hamid, Abdul. 2010. Mengukur Kemampuan Bahasa Arab Untuk studi Islam. Malang: UIN-Malik pres.

Haryadi, Moh. 2011. Statistik Pendidikan. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Hermawan, Acep, 2011. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Khairunnas, Khaidir, 2017. “Kesalahan nahu dan saraf dalam insya’ tahriri mahasiswa jurusan Pendidikan bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar”. Tesis. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Lembaga Bahasa Arab, Tim Guru. 2013. Beberapa Kesalahan Penulisan pada Siswa Tingkat IV dan V Th. Ajaran 1433-1434 H. Jakarta: Universitas Islam Imam Muhammad Bin Saud.

Nuha, Ulin. 2012. Metodologi Super Efektif Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: DIVA Press.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods), Bandung: Alfabeta.

Suryani, Lilis. 2018. “Analisis Kesalahan Insya' (Na’at Manut, Idhofah, dan Mubtada Khobar) Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah 3 Tulangan”. Tesis. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Tarigan, Henry Guntur dan Djago Tarigan. 2011. Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa. Bandung: Penerbit Angkasa Bandung.

Wahyudi, Imam. 2018. “Analisis Kesalahan Penulisan Kata Sifat Dalam Karangan (Insya’) Siswa Madrasah Tsanawiyah Pondok Modern Al-Kautsar Pekan baru”. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.


Article Metrics

Abstract view : 314 times | PDF view : 18 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Muhammad Jaelani, Jufri A.P, Muh. Bachtiar Syamsuddin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

 

E-ISSN: 2797-1287 

Al-Fashahah indexed by:

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.