Penerapan Metode Tabarak dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab PAUD Kelas 1D Rumah Qur’an Al-Kamal Makassar

Haslinda Haslinda(1*), Sitti Muthmainnah(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/al-fashahah.v1i2.21636

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui hasil penguasaan kosakata siswa, keaktifan siswa selama proses pembelajaran dan kegiatan muroja’ah siswa dirumah dengan menggunakan metode tabarak. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan 2 kali pertemuan setiap siklusnya. Model penelitian ini menggunakan model hopskisikn dengan empat tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. subjek penelitian ini adalah siswa kelas 1D PAUD Rumah Qur’an Al-Kamal Makassar. Metode pengumpulan data diperoleh dari tes dan observasi dengan teknik pengumpulan data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kelas yang diperoleh pada siklus I yaitu 25% dan nilai rata-rata kelas yang diperoleh pada siklus II yaitu 70%. Siswa yang mencapai nilai KKM pada siklus I ialah 1 orang (20%) dan pada siklus II ialah 5 orang (83.33%%). Sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan terhadap penguasaan kosakata bahasa Arab Paud Kelas 1D Rumah Qur’an Al- Kamal Makassar setelah penerapan metode tabarak.


Full Text:

PDF

References


Aini, S. & Mu’allim, W. 2018. Metode Mimicry-Memorization (Mim-Mem Method) dalam Meningkatkan Penguasaan Mufradat Peserta Didik di Madrasah. Jurnal Studi Keislaman dan Ilmu Pendidikan. 6. 1. 90-100.

Ali Gunawan, Muhammad. 2015. Statistik Penelitian Bidang Pendidikan Psikologi Sosial. Yogyakarta: Parama Publishing.

Andarini. H. N. 2018. Pengaruh Menghafal Al-Quran Metode Tabarak Terhadap Peningkatan Memori Menghafal Al-Qur’an Pada Anak Usia Dini [Skripsi]. Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Arikunto, S. Suhardjono & Supardi. 2015. Penelitian Tindakan Kelas (ed.revisi). Jakarta: Bumi Aksara.

Kunandar. 2013. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Marniati, Rizqa, H., & Sasongko, A. 2017. Usia Bahasa Arab di Nusantara Capai 12 Abad Republika: Portal Berita. Diakses dari: https://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/islam-digest/17/02/14/old2b3313-usia-bahasa-arab-di-nusantara-capai-12-abad pada tanggal 4 Februari 2020.

Masyhud, F., & Rahmawi, I. H. 2019. Rahasia Sukses 3 Hafizh Qur’an Cilik Mengguncang Dunia. Jakarta Timur: Zikrul Hakim.

Mutiah, D. 2010. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Sari, R. W. 2020. Penggunaan Metode Mimicry-Memorization (Mim-Mem) Efektif Dalam Penguasaan Kosakata (Mufradat) Siswa Kelas X SMA Pesantren Tarbiyah Takalar [Skripsi]. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Sawe, B. E. 2019, June 7. What Is The Most Spoken Language In The World?. World Atlas. Diakses dari: https://www.worldatlas.com/articles/most-popular-languages-in-the-world.html pada tanggal 4 February 2020.

Sudjana, Nana dan Rivai, Amad. 2015. Media Pengajaran. Bandung: Sina Baru Algensindo.


Article Metrics

Abstract view : 283 times | PDF view : 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Haslinda Haslinda, Sitti Muthmainnah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

 

E-ISSN: 2797-1287 

Al-Fashahah indexed by:

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.