Penggunaan Media Flashcard untuk Meningkatkan Penguasaan Mufradat Bahasa Arab Siswa Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Mambi Kabupaten Mamasa
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.59562/al-fashahah.v1i1.16344
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, proses dan hasil peningkatan penguasaan mufradat bahasa Arab dalam pembelajaran bahasa Arab menggunakan media Flashcard. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA I dengan jumlah siswa 26 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini terdiri atas 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri atas 3 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar yang diperoleh yaitu 68,96% dan pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar yang diperoleh yaitu 82,80%. Hasil ini menunjukkan bahwa penguasaan mufradat bahasa Arab siswa mengalami peningkatan dengan menerapkan media Flashcard dalam pembelajaran bahasa Arab.
Kata Kunci: Media Flashcard, penguasaan mufradat
Full Text:
PDFReferences
Aqib, Zainal, dkk. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya
Fitriyani, E., & Nulanda, P. Z. (2017). Efektivitas Media Flash Cards dalam Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(2), 167-182.
Hasnida. (2014). Media Pembelajaran Kreatif, Jakarta: PT Luxima Metro Media
Islami, M. F. (2018). Implementasi Media Flash Card Dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab. Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam, 8(1).
Jumriana. (2019). Penerapan Media Kartu Bergambar dalam Penguasaan Kosakata (Mufradât) Bahasa Arab Kelas VII MTs. Skripsi. Universitas Negeri Makassar
Khoiriyah, S. A. (2013). Pemanfaatan Media Flash Card Untuk Meningkatkan Penguasaan Mufradat Siswa Kelas VII A MTs N NGemplak Sleman Yogyakarta Tahun Ajaran 2012/2013”. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Mubarok, Z. (2018). Pengaruh Minat Membaca dan Penguasaan Kosakata Terhadap Keterampilan Berpidato Survey Pada Siswa MAN di Jakarta. Jurnal Mandiri: Ilmu Pengetahuan, Seni, dan Teknologi, 2(1), 201-225.
Ningrum, Epon. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Penerbit Ombak
Suryani, Setiawan & Putria. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Zulhanan. (2015). Teknik Pembelajaran Bahasa Arab Interaktif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Article Metrics
Abstract view : 982 times | PDF view : 206 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Nur Hafizah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
E-ISSN: 2797-1287
Al-Fashahah indexed by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.