Peningkatan Maharah Al Kitabah Melalui Media Pembelajaran Permainan Tartibul Jumlah Siswa Kelas XI MIA 2 MA Pondok Pesantren Al Urwatul Wutsqaa Benteng Sidrap

Muh. Juwaini Halim(1*), Enung Mariah(2), Misnawaty Usman(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/al-fashahah.v1i1.15484

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses perencanaan, pelaksanaan, dan hasil peningkatan maharah al kitabah (keterampilan menulis) siswa dengan menggunakan media permainan tartibul jumlah (mengurutkan kalimat) siswa kelas XI MIA 2 MA Pondok Pesantren Al Urwatul Wutsqaa Benteng Sidrap. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ditujukan kepada siswa kelas XI MIA 2 yang berjumlah 25 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdapat dua pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum melakukan penelitian pada siklus I diberikan tes untuk mengetahui kemampuan awal siswa dan diperoleh nilai rata-rata siswa hanya mencapai 13,52 kemudian pada siklus I nilai rata-rata siswa yang diperoleh 34,00 dan pada siklus II nilai rata-rata siswa 37,76. Berdasarkan hasil penelitian bahwa maharah al kitabah (keterampilan menulis) siswa meningkat dengan menggunakan media permainan tartibul jumlah (mengurutkan kalimat).


Full Text:

PDF

References


Ali, Jauhar. (2019) Permainan Sebagai Strategi Aktif Learning dalam Pembelajaran Bahasa Arab (STAIN Pekalongan)

Arifin, Ahmad. (2017). Peranan Permainan Bahasa dalam Proses Kegiatan Belajar Mengajar Mata Pelajaran Bahasa Arab. (IAIN Metro)

Arsyad, Azhar. 2019. Media Pembelajaran. Depok: Rajawali Pers

Fadillah, Nurul. al-Kalimah Mutaqaati’ah Sebagai Media Permainan Bahasa Arab dalam Pembelajaran Maharah Kitabah. (IAIN Pekalongan)

Hasanah, Uswatun. (2013). Peningkatan Maharah Kitabah Melalui Media Gambar dalam Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas XI IPA 2 MAN Godean Kabupaten Sleman. (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)

Jumriana. (2020). Penerapan Media Kartu Bergambar dalam Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Siswa Kelas VII MTs Bhayangkara Makassar. (Universitas Negeri Makassar)

Kasupardi, Endang dan Supriatna. 2010. Pengembangan Keterampilan Menulis. Jakarta Barat: PT Multi Kreasi Satu Delapan

Khairah, Miftah dan Ridwan, Sakura. 2015. Sintaksis (Memahami Satuan Kalimat Perspektif Fungsi). Jakarta: PT. Bumi Aksara

Kunandar.2013. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Media Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Nihayatun, Nicky dkk. (2019). Modifikasi Metode Qawa’id wa Tarjamah dengan Strategi Contextual Teaching and Learning dalam Pembelajaran maharah kitabah. (UIN Maulana Malik Ibrahim Malang)

Nurseto, Tejo. (2011). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. (Jurnal Ekonomi dan Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta)

Prihartini, Yogi. (2018). Peningkatan Maharah Kitabah Melalui Penerapan Media Lauhah al-Juyub Pada Siswa MTsN Aceh Utara (Jurnal Literasiologi)

Sadiman, Arief dkk. 2018. Media Pendidikan. Depok: Rajawali Pers

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Jakarta: Alfabeta

Sutjarso & Azis. 2006. Sintaksis Bahasa Indonesia. Makassar: Badan Penerbit UNM

Wahyudin. (2019). Analisis Kesalahan Penerjemahan Kalimat Sederhana Indo-Arab Siswa Kelas XI SMA IT Wahdah Islamiyah. Makassar: (Universitas Negeri Makassar)


Article Metrics

Abstract view : 2280 times | PDF view : 239 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Muh. Juwaini Halim, Enung Mariah, Misnawaty Usman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

 

E-ISSN: 2797-1287 

Al-Fashahah indexed by:

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.