Penerapan Desain Pembelajaran Tematik Integratif Alternatif Berbasis Sub-subtema untuk Meningkatkan Kebermaknaan dan Hasil Belajar

Ira Ainur Rohmah Julianti
Mawardi Mawardi


DOI: http://dx.doi.org/10.26858/publikan.v8i3.6598

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kebermaknaan belajar dan hasil belajar siswa kelas 1 SDN Gendongan 02 Kota Salatiga dengan menerapkan desain pembelajaran tematik integratif berbasis sub-subtema. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas model Stringer mencakup tahap look, think, dan act. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes formatif, lembar observasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif komparatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas 1 SDN Gendongan 02. Hasil penelitian menemukan adanya peningkatan persentase jumlah siswa yang mencapai kategori bermakna dan sangat bermakna pada siklus 1 sebesar 90% dan siklus 2 sebesar 100 %. Sedangkan ketuntasan hasil belajar siswa pada muatan bahasa indonesia pada siklus 1 mencapai 67% dan pada siklus 2 mencapai 77%. Pada muatan matematika pada siklus 1 sebesar 50% dan siklus 2 mencapai 73%. Peningkatan ketuntasan belajar pada muatan PPKn pada siklus 1 sebesar 80% dan siklus 2 sebesar 87%. Kebermaknaan dan hasil belajar peserta didik pada siklus 2 lebih besar disbandingkan pada siklus 1. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, desain pembelajaran tematik integratif alternatif berbasis sub-subtema dapat meningkatkan kebermaknaan dan hasil belajar peserta didik.


Keywords


Tematik Integratif Alternatif; Kebermaknaan Belajar; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Akbal M. (2015). Implementasi Pembelajaran Berbasis Portofolio pada Mata Pelajaran PKN dalam Upaya Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa (Studi Analisi Deskriptif Siswa SMA Negeri 1 Patampanua Kabupaten Pinrang. Jurnal Tomalebbi. 1(1), 13-19.

Abduh, M. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Tematik-Integratif Berbasis Sosiokultural di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 8(1).

Abduh, M. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik-Integratif Berbasis Sosiokultural Bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 2(2), 121-132.

Aisyah, D. W., Gipayana, M., & Djatmika, E. T. (2017). Mengembangkan Kebermaknaan Belajar dengan Rancangan Pembelajaran Tematik Bercirikan Quantum Teaching. In Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Kerjasama Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud 2016.

Akbar, S. D., & Sutama, I. W. (2010). Pengembangan Model Pembelajaran Tematik untuk Kelas 1 dan Kelas 2 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Universitas Negeri Malang, 17(1), 32-40.

Ariani, D. N. (2018). Pendampingan Lesson Study Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Sekolah Dasar di KKG Gugus Sungai Miai Banjarmasin dalam Menerapkan Pendekatan Saintifik Menggunakan Kurikulum 2013. Publikasi Pendidikan, 8(2).

Bernadi, Resna M. A. (2017). Peningkatan Kreativitas Siswa Kelas IV SD Melalui Pembelajaran Tematik Integratif dengan Pendekatan Open-Ended. Jurnal Prima Edukasia 5 (1), 91-101.

Diputra K.S. (2016). Pengembangan Multimedia PEmbelajaran Tematik Integratif untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar.JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), 125-133.

Fatchurrohman, F. (2015). Pengembangan Model Pembelajaran Tematik Integratif Eksternal dan Internal di Madrasah Ibtidaiyah. Inferensi, 9(2), 329-350.

Halik, A., Sultan, M. A., & Zainal, Z. (2017). Efektifitas Penerapan Cooperative Scrift dalam Meningkatkan Kemampuan Memahami Bacaan Siswa Kelas V Sd Negeri 17 Parepare. Publikasi Pendidikan, 7(3), 173-183.

Kemendikbud. 2013. Permendikbud No 81 A tentang Implementasi Kurikulum Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Kemendikbud. 2014. Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendibud.

Masdiana, M., Budiarsa, I. M., & Lamba, H. A. (2014). Penerapan Pembelajaran Tematik untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Pada Lingkungan Siswa Kelas I SDN 018 Letawa Kecamatan Sarjo Kabupaten Mamuju Utara. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 3(2).

Mawardi, M. (2014). Pemberlakuan Kurikulum SD/MI Tahun 2013 dan Implikasinya Terhadap Upaya Memperbaiki Proses Pembelajaran Melalui PTK. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 4(3), 107-121.

Prastowo, Andi. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Diva. PRESS: Yogyakarta

Puspitawati, O. A. (2017). Pengembangan Desain Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Kebutuhan Belajar Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Tindakan dan Pendidikan, 3(2). 143-149.

Ratulangi, T. (2016). Analisis Kemampuan Guru Mengelola Pembelajaran Tematik Menurut Kurikulum 2013 di SD Negeri 1 Sopai Kabupaten Toraja Utara. Jurnal daya matematis, 4(1), 13-19.

Ristanti, Yuni. (2016). Pendekatan Motivasi dan Keterampilan Hitung Pecahan Desimal Melalui Media Manipulatif pada Pembelajaran Tematik-Integratif SD. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. 3(1), 122-136.

Rusman. 2012. Model –Model Pembelajaran. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Saputri, A. T. W., & Mawardi, M. (2018). Pengembangan Desain Pembelajaran Tematik Integratif Berbasis Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Kelas 4 Sekolah Dasar. Jurnal Pendas, 4(2), 104-114.

Setyawan, Wawan Wahyu, Mustadi, A. 2015. Pengembangan SSP Tematik-Integratif untuk Membangun Karakter Disiplin dan Kreatif Siswa Kelas 1 SD. Urnal Prima Edukasia, 3(1), 108-119.

Wahyuni, H. T., Setyosari. P., &Kuswandi. D. (2017). Implementasi Pembelajaran Tematik Kelas 1 SD. Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(2), 129-136.

Webb, P.I., & Pearson, P.J. (2012). “CreativeUnit and Lesson Planning Through a Thematic/Integrated Approach toTeaching Games for Understanding(TGfU)”.New Zealand Physical Educator, 45(3), 17-22.

Zainal, Z. (2017). Pendekatan Matematika Realistik (PMR) Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 17 Parepare. Publikasi Pendidikan, 7(1), 13-19.


Article Metrics

Abstract view : 91 times
PDF - 20 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 Publikasi Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Free counters! Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. All published articles have been scanned with plagiarism prevention software. Articles that have been published are not a reflection of the attitudes and opinions of journals, editors and reviewers. The responsibility of the article content and or the result of writing including plagiarism is entirely in the author.