Workshop Penerapan Software GeoGebra Sebagai Media Pembelajaran Matematika Untuk Guru Sekolah Dasar Kelurahan Pademangan Barat

Rizki Dwi Siswanto
Ervin Azhar


DOI: http://dx.doi.org/10.26858/publikan.v8i3.6421

Abstract


Kegiatan pengabdian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan mitra yang diidentifikasi  (1) belum memiliki pengetahuan tentang media pembelajaran terutama GeoGebra sehingga perlu adanya pendampingan dan pengarahan berkelanjutan mengenai pentingnya menggunakan media pembelajaran yang tepat ketika proses pembelajaran, (2) belum memiliki keterampilan GeoGebra sehingga perlu diadakan kegiatan pelatihan penggunaan software GeGebra. Permasalahan pada mitra di daerah Kelurahan Pademangan Barat dapat dicari solusinya, salah satunya dengan penerapan IPTEKS bagi masyarakat sekitar khususnya untuk guru dan siswa. Solusi yang ditawarkan guna memecahkan masalah di atas adalah tim pengabdian UHAMKA bermaksud mengadakan workshop penerapan software GeoGebra sebagai media pembelajaran matematika untuk guru SDN Pademangan Barat. Metode dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh mitra yaitu (1) penggalian masalah, (2) perencanaan, (3) sosialisasi, (4) pelaksanaan, (5) evaluasi dan refleksi, (6) laporan, dan (7) publikasi. Hasil pelaksanaan pengabdian berupa (1) publikasi artikel ilmiah, (2) buku panduan software GeoGebra, dan (3) teratasinya masalah mitra

Keywords


Workshop; Softare GeoGebra; Media Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Lampiran IV peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 54 tahun 2013 tentang Standar Kompetensi Lulusan: pedoman umum pembelajaran. Jakarta: Depdikbud.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Lampiran IV peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 65 tahun 2013 tentang Standar Proses. Jakarta : Depdikbud.

Departemen Pendidikan Nasional. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional. 2006. Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas

Djamarah, S. B & Zain, A. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hohenwarter, M. & Fuchs, K. (2004). Combination of Dynamic Geometry, Algebra, and Calculus in the Software System Geogebra. [Online]. Tersedia: www.geogebra.org/publications/pecs_2004.pdf. [16 Nopember 2010].

Hohenwarter, M., et al. (2008). Teaching and Learning Calculus with Free Dynamic Matgematics Software GeoGebra. [Online]. Tersedia; http://www. publications.uni.lu/record/2718/files/ICME11-TSG16.pdf.[15 Nopember 2010]

Kusumah, Y.S. (2003). Desain dan Pengembangan Bahan Ajar Matematika Interaktif Berbasiskan Teknologi Komputer. Makalah terdapat pada Seminar Proceeding National Seminar on Science and Math Education. Seminar diselenggarakan oleh FMIPA UPI Bandung bekerja sama dengan JICA.

Rifayanti, Z. E. T. (2017). Penggunaan Media Animasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Tentang Keanekaragaman Budaya Indonesia Siswa Kelas V SDN Cangkringsari Sukodono Sidoarjo. Publikasi Pendidikan, 7(2), 89-94.

Sanjaya, W. (2009). Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Grup.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.


Article Metrics

Abstract view : 58 times
PDF - 13 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 Publikasi Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Free counters! Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. All published articles have been scanned with plagiarism prevention software. Articles that have been published are not a reflection of the attitudes and opinions of journals, editors and reviewers. The responsibility of the article content and or the result of writing including plagiarism is entirely in the author.