Penerapan Pendekatan Konstruktivis Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA di Kelas IV SD Negeri 003 Bangkinang Kota
(1) Program Studi PGSD FIP Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai Bangkinang Riau
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v8i2.5106
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jenjang Pendidikan Dasar. Jakarta: Depdiknas.
Ella Yulaelawati. 2004. Kurikulum dan Pembelajaran Filosofi Teori dan Aplikasi. Jakarta: Pakar Raya.
Maslichah Asy’ari. 2006. Penerapan Pendekatan Sains-Teknologi-Masyarakat dalam Pembelajaran Sains di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
Miles, M. B. dan A. M. Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif : Buku Sumber tentang Metode-metode Baru. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi. UI Press: Jakarta.Tersedia dalam http://www.blogger.com/feeds/89812566507740045 20/posts/default/5187514118013731969 (diakses 24 Februari 2008).
M. Ngalim Purwanto. 1996. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mohammad Amien. 1987. Mengajar IPA dengan Menggunakan Metode Discovery dan Inquiri. Jakarta: Dirjen Dikti.
Mohamad Nur. 2004. Pengajaran Berpusat kepada Siswa dan Pendekatan Konstruktivis dalam Pengajaran. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Nasution. 2003. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Noraziah BT Ahmad. 2008. Konstruktivisme dalam Pengajaran dan Pembelajaran. Tersedia dalam http://www.geocities.com/azam60/tugasan 2ASAS.htm#Konstruktivisme (diakses 01 April 2008).
Nurhadi, dkk. 2003. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.
Oemar Hamalik. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Paul Suparno. 1996. Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.
Ritawati Mahyuddin. 2001. ”Penggunaan Pendekatan Konstruktivisme dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman Bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Sumber Sari III Kec. Lowokwaru Kodya Malang.” Tesis tidak diterbitkan. PPs-Universitas Negeri Malang.
Rochiati Wiriaatmaja. 2005. Metode Penelitian Tindakan Kelas: Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Rustam Mundilarto. 2004. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Depdiknas. tersedia http://klinikpembelajaran.com/booklet/penelitian_tindakan_kls.pdf. (diakses 18 Februari 2008).
Suharsimi Arikunto. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Supriyadi. 2005. Penelitian Tindakan Kelas. disajikan dalam Workshop MKKS Tingkat Pusat yang diselenggarakan oleh Direktorat Pendidikan Menengah Umum 12-15 September 2005 di hotel Evergreen, Cisarua, Bogor. Tersedia pada http://akhmadsudrajad.wordpress.com/2008/01/21/penelitian-tindakan-kelas. (diakses 18 Februari 2008).
Susanto. 2007. Pengembangan KTSP dengan Perspektif Manajemen Visi. Jakarta: Mata Pena.
Suwarsih Madya. Penelitian Tindakan Kelas. Tersedia pada http://www. ktiguru. org/index.php/ptk-I. (diakses 18 Februari 2008).
Usman Samatawa. 2006. Bagaimana Membelajarkan IPA di SD. Jakarta: Depdiknas.
Wahyudin Nur Nasution. Efektivitas Strategi Pembelajaran Kooperatif dan Ekspositori terhadap Hasil Belajar Sains Ditinjau dari Cara Berpikir. Tersedia pada http://www.litagama.org/jurnal/edisi5/strategipemb.htm. (diakses 3 April 2008).
Wina Sanjaya. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Article Metrics
Abstract view : 2498 times | PDF view : 110 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Rusdial Marta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan
ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by