Penerapan Pendekatan Konstruktivis Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA di Kelas IV SD Negeri 003 Bangkinang Kota

Rusdial Marta


DOI: http://dx.doi.org/10.26858/publikan.v8i2.5106

Abstract


Permasalahan  yang diamati dalam pembelajaran IPA di kelas IV SDN 003 Bangkinang Kota, guru belum sepenuhnya melibatkan siswa secara aktif. Hal ini disebabkan keterbatasan alat peraga dan kurangnya variasi penerapan metode maupun pendekatan pembelajaran, guru lebih cenderung menggunakan pendekatan konvensional. Siswa dalam pembelajaran belum dijadikan subjek belajar, kebanyakan siswa menerima materi yang disampaikan guru berupa hafalan. Hal ini menyebabkan rendahnya hasil belajar yang diperoleh siswa, adapun nilai rata-rata hasil belajar IPA semester I dengan pendekatan dan metode yang biasa digunakan guru mencapai 70 dibawah KKM. Pembelajaran dengan menggunakan kontruktivis dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Selain itu, siswa juga menjadi lebih aktif dalam belajar. Hal itu dapat terlaksana karena permasalahan yang diajukan sering mereka temui dalam kehidupan sehari-hari, berakibat siswa termotivasi untuk aktif melakukan percobaan dalam kelompoknya. Dengan menggunakan metode ini, siswa sudah mulai cenderung untuk aktif dalam pembelajaran. Penerapan pendekatan konstruktivis dalam pembelajaran IPA di kelas IV SDN 003 Bangkinang Kota, dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang terlihat pada rata-rata hasil belajar pada siklus I yaitu  6,96 meningkat menjadi 7,48 pada siklus II. Dengan demikian pembelajaran IPA dengan penerapan pendekatan konstruktivis dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SDN 003 Bangkinang Kota pada mata pelalajaran IPA.

Keywords


Hasil Belajar; IPA; Kontruktivisme

Full Text:

PDF

References


Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jenjang Pendidikan Dasar. Jakarta: Depdiknas.

Ella Yulaelawati. 2004. Kurikulum dan Pembelajaran Filosofi Teori dan Aplikasi. Jakarta: Pakar Raya.

Maslichah Asy’ari. 2006. Penerapan Pendekatan Sains-Teknologi-Masyarakat dalam Pembelajaran Sains di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Miles, M. B. dan A. M. Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif : Buku Sumber tentang Metode-metode Baru. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi. UI Press: Jakarta.Tersedia dalam http://www.blogger.com/feeds/89812566507740045 20/posts/default/5187514118013731969 (diakses 24 Februari 2008).

M. Ngalim Purwanto. 1996. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mohammad Amien. 1987. Mengajar IPA dengan Menggunakan Metode Discovery dan Inquiri. Jakarta: Dirjen Dikti.

Mohamad Nur. 2004. Pengajaran Berpusat kepada Siswa dan Pendekatan Konstruktivis dalam Pengajaran. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Nasution. 2003. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Noraziah BT Ahmad. 2008. Konstruktivisme dalam Pengajaran dan Pembelajaran. Tersedia dalam http://www.geocities.com/azam60/tugasan 2ASAS.htm#Konstruktivisme (diakses 01 April 2008).

Nurhadi, dkk. 2003. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.

Oemar Hamalik. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Paul Suparno. 1996. Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.

Ritawati Mahyuddin. 2001. ”Penggunaan Pendekatan Konstruktivisme dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman Bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Sumber Sari III Kec. Lowokwaru Kodya Malang.” Tesis tidak diterbitkan. PPs-Universitas Negeri Malang.

Rochiati Wiriaatmaja. 2005. Metode Penelitian Tindakan Kelas: Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rustam Mundilarto. 2004. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Depdiknas. tersedia http://klinikpembelajaran.com/booklet/penelitian_tindakan_kls.pdf. (diakses 18 Februari 2008).

Suharsimi Arikunto. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Supriyadi. 2005. Penelitian Tindakan Kelas. disajikan dalam Workshop MKKS Tingkat Pusat yang diselenggarakan oleh Direktorat Pendidikan Menengah Umum 12-15 September 2005 di hotel Evergreen, Cisarua, Bogor. Tersedia pada http://akhmadsudrajad.wordpress.com/2008/01/21/penelitian-tindakan-kelas. (diakses 18 Februari 2008).

Susanto. 2007. Pengembangan KTSP dengan Perspektif Manajemen Visi. Jakarta: Mata Pena.

Suwarsih Madya. Penelitian Tindakan Kelas. Tersedia pada http://www. ktiguru. org/index.php/ptk-I. (diakses 18 Februari 2008).

Usman Samatawa. 2006. Bagaimana Membelajarkan IPA di SD. Jakarta: Depdiknas.

Wahyudin Nur Nasution. Efektivitas Strategi Pembelajaran Kooperatif dan Ekspositori terhadap Hasil Belajar Sains Ditinjau dari Cara Berpikir. Tersedia pada http://www.litagama.org/jurnal/edisi5/strategipemb.htm. (diakses 3 April 2008).

Wina Sanjaya. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.


Article Metrics

Abstract view : 78 times
PDF - 62 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 Publikasi Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Free counters! Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. All published articles have been scanned with plagiarism prevention software. Articles that have been published are not a reflection of the attitudes and opinions of journals, editors and reviewers. The responsibility of the article content and or the result of writing including plagiarism is entirely in the author.