PENINGKATAN PEMBELAJARAN PKn TENTANG HIDUP RUKUN DALAM PERBEDAAN MELALUI PENDEKATAN INDUKTIF PADA SISWA KELAS I SDN NO. 84 KOTA PAREPARE
(1) Kampus V UNM UPP PGSD Parepare
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v2i1.1585
Abstract
Studi tentang PKN adalah studi yang secara langsung berkaitan dengan kehidupan masyarakat dan oleh karena itu memfokuskan belajar pada ranah afektif. Dan sikap siswa banyak dipengaruhi oleh lingkungan mereka, baik keluarga atau lingkaran teman-teman. Dalam mengajar PKN pada siswa kelas 1 SDN No.84 Parepare, peneliti menggunakan pendekatan induktif dengan menggunakan benda-benda konkret atau media gambar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, dirancang oleh guru untuk mengamati, melakukan, dan merefleksikan pelajaran. Peneliti perlu mengetahui bahwa meskipun perencanaan pengajaran begitu lengkap dan rinci, kinerja mengajar terkadang menyimpang dari perencanaan. Dalam hal ini, penelitian tindakan kelas dengan mudah dapat mengatasi penyimpangan dari perencanaan. Hasilnya menunjukkan bahwa peningkatan sangat tinggi karena siswa mudah menyerap materi yang diberikan.
Kata-kata kunci: Pembelajaran PKn, pendekatan induktif.
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 900 times | PDF view : 1656 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2012 Ritha Tuken
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan
ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by