Analisis Kompetensi Profesional Guru Mata Pelajaran Pengantar Administrasi Di Jurusan Administrasi Perkantoran SMK YPLP PGRI 1 Makassar

Fadly Fadlun Renrohan, Sirajuddin Saleh, Risma Niswaty

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi profesional guru  Pelajaran Pengantar Administrasi Jurusan Administrasi Perkantoran SMK YPLP PGRI 1 Makassar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini sebanyak 5 (lima) orang. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang telah dikumpulkan diolah dengan menggunakan teknik analisis yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi profesional guru mata pelajaran pengantar administrasi jurusan Administrasi Perkantoran SMK YPLP PGRI 1 Makassar pada umunya sudah terlaksana dengan baik. Hal ini dinilai dari kelima indikator kompetensi profesional guru seperti, menguasai landasan pendidikan, yakni mampu memahami tujuan pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan nasional, mengusai bahan pengajaran, dengan menguasai bahan pengajaran kurikulum dan penyusunan program pengajaran, juga telah optimal dalam menetapkan tujuan pembelajaran, kemudian melaksanakan program pengajaran, dimana telah menciptakan iklim belajar mengajar yang tepat, dan menilai hasil dan proses belajar mengajar yang telah dilaksanakan dengan baik. Jadi kompetensi profesional guru mata pelajaran pengantar administrasi jurusan adminsitrasi perkantoran SMK YPLP PGRI 1 Makassar telah terimplementasi dengan baik.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26858/jo.v3i2.8940

Article Metrics

Abstract view : 22 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.