UPAYA PENINGKATAN TEKNIK GERAK ROLL DALAM SENAM LANTAI MELALUI PEMBELAJARAN PENDEKATAN MOTOR ABILITY PADA SISWA KELAS XI.AK.2 DI SMK NEGERI 7 MAKASSAR

. Husniati(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/com.v4i2.708

Abstract


ABSTRAK

 

Dalam senam kependidikan, anak belajar pada tingkatannya masing-masing, untuk mengembangkan pengertian dan kemampuan dalam menerapkan konsep-konsep gerak. Berbeda dengan senam kompetetif, senam kependidikan tidak terlalu terpaku pada penguasaan kemampuan formal yang ada dalam salah satu disiplin senam. Semua kemampuan itu hanya dipakai untuk meningkatkan penguasaan anak pada tubuhnya sendiri. Dengan demikian, senam yang dilaksanakan di luar dari proses kependidikan secara formal, berarti arahnya lebih pada pencapaian kurikulum dan pembinaan olahraga prestasi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan teknik gerak roll dalam senam lantai melalui metode pembelajaran pendekatan motor ability. Penelitian ini adalah penelitian tindakan olahraga. Subjek penelitian adalah siswa XI.AK.2 di SMK Negeri 7 Makassar, yang berjumlah 30 orang terdiri dari 21 putri dan 9 putra. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: ada peningkatan teknik gerak roll dalam senam lantai melalui pembelajaran pendekatan motor ability. Selanjutnya penelitian ini menyimpulkan bahwa melalui metode pembelajaran pendekatan motor ability dapat meningkatkan teknik gerak roll dalam senam lantai pada siswa kelas XI.AK.2 di SMK Negeri 7 Makassar.

 

 

Kata Kunci : Teknik Gerak Roll, Pembelajaran Pendekatan Motor Ability

 

 

 

ABSTRACT

In gymnastics education, children learn at their level, to develop an understanding and ability to apply the concepts of motion. Unlike kompetetif gymnastics, gymnastics education is not too hung up on the formal mastery of skills in one discipline of gymnastics. All abilities are only applicable to improve the control children on her own. Thus, gymnastics performed outside of the formal education process, meaning more on achieving her sports coaching curriculum and achievement. This study aims to improve the technique of roll motion in the gymnastics floor through learning methods approach the motor ability. This research is a sports action. Subjects were students at SMK XI.AK.2 7 Makassar, numbering 30 people consisting of 21 women and 9 men students. The analysis technique used is descriptive qualitative analysis. The research concludes that: there is an increase in roll motion technique in gymnastics floor through the motor ability of learning approaches. Furthermore, this study concludes that through learning methods approach can improve the motor abilities roll motion technique in gymnastics floor XI.AK.2 grade students at SMK Negeri 7 Makassar.

 

Keyword : Mechanical Motion Roll, Motor Ability Learning Approach

Article Metrics

Abstract view : 330 times |

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



COMPETITOR IS LICENSED BY :

 Creative Commons License COMPETITOR is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


COMPETITOR EDITORIAL LOCATION :

 width= Kampus FIK Banta Bantaeng, Jalan Wijaya Kusuma Nomor 14, Rappocini, Makassar, Postal Code 90222


COMPETITOR IS INDEXED BY