HUBUNGAN ANTARA KEKUATAN OTOT TUNGKAI DAN KELENTUKAN TOGOK KE BELAKANG DENGAN JAUHNYA TENDANGAN PADA PERMAINAN SEPAKBOLA MURID SDN 52 WELONGE KECAMATAN MARIORAWA KABUPATEN SOPPENG

' Bakkareng(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/com.v2i2.640

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kekuatan otot tungkai dan kelentukan togok ke belakang dengan jauhnya tendangan pada permainan sepakbola. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh murid SDN 52 Welonge Kecamatan Marioriawa Kabupaten Soppeng dengan jumlah sampel penelitian 40 orang murid yang dipilih secara random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis korelasi dan regresi dengan menggunakan sistem SPSS Versi 15.00 pada taraf signifikan 95% atau  a 0,05. Bertolak dari hasil  analisis data, maka penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) Ada hubungan yang signifikan kekuatan otot tungkai dengan jauhnya tendangan pada permainan sepakbola, terbukti nilai r0 = 0.727 (P < 0.05), (2) Ada hubungan yang signifikan kelentukan togok ke belakang dengan jauhnya tendangan pada permainan sepakbola, terbukti nilai r0 = 0.574 (P < 0.05), dan (3) Ada hubungan yang signifikan antara kekuatan otot tungkai dan kelentukan togok ke belakang dengan jauhnya tendangan pada permainan sepakbola, terbukti nilai R0 = 0.727 (P < 0.05).

Kata Kunci : Kekuatan Otot Tungkai, Kelentukan Togok Ke Belakang, Jauhnya Tendangan Sepakbola

 

 

 

ABSTRACT

This study aimed to determine the relationship of leg muscle strength and flexibility togok back with a kick to the away football games. This research includes descriptive research. The population of this study were all students of SDN 52 Welonge District Marioriawa Soppeng district with a sample of students who study 40 randomly selected sampling. The data analysis technique used is the correlation and regression analysis techniques using SPSS system version 15:00 on 95% significance level or a 0.05. Departing from the results of the data analysis, the study concluded that: (1) There is a significant relationship with the away leg muscle strength kicks the game of football, proved the value of r0 = 0727 (P <0.05), (2) There is a significant relationship togok flexibility to back with a kick to the away football games, proved the value of r0 = 0574 (P <0.05), and (3) There is a significant relationship between leg muscle strength and flexibility togok back with a kick to the away football games, proved the value of R0 = 0727 (P <0.05).

Keywords : Leg Muscle Strength, Flexibility Togok Go Back, Football Kicking Away


Article Metrics

Abstract view : 150 times |

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



COMPETITOR IS LICENSED BY :

 Creative Commons License COMPETITOR is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


COMPETITOR EDITORIAL LOCATION :

 width= Kampus FIK Banta Bantaeng, Jalan Wijaya Kusuma Nomor 14, Rappocini, Makassar, Postal Code 90222


COMPETITOR IS INDEXED BY