Efektivitas Metode Problem Solving Melalui Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Regulasi Diri Siswa

Victor Gamma Kharisma, Budi Astuti

Abstract


Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui efektivitas metode problem solving melalui konseling kelompok terhadap regulasi diri siswa SMA N 1 Jatinom. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan Non Equivalen Pretest-Posttest. Penelitian ini menggunakan dua kelompok yaitu kelompok eksperimen sejumlah enam siswa dan kelompok kontrol sejumlah enam siswa. Populasi penelitian adalah siswa SMA N 1 Jatinom tahun ajaran 2017/2018. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Proses pengumpulan data menggunakan skala regulasi diri untuk mengukur tingkat regulasi diri siswa SMA N 1 Jatinom. Efektivitas metode problem solving terhadap regulasi diri dapat dilihat dari perbedaan hasil uji wilcoxon dengan nilai sig. 0,028 lebih kecil 0,05 (0,028 < 0,05). Perbedaan nilai rata-rata kelompok eksperimen sebesar 42,4 dan nilai rata-rata kelompok kontrol sebesar 22,2 (42,4 > 22,2). Rerata Gain Score kelompok eksperimen sebesar 0,43 sedangkan kelompok kontrol sebesar 0,23. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode problem solving melalui konseling kelompok efektif terhadap regulasi diri siswa.


Keywords


Metode Problem Solving, Regulasi Diri

Full Text:

PDF

References


Agustian, W.Y, Firman, & Zikra. (2018). Efektifitas layanan penguasaan konten menggunakan metode problem solving untuk meningkatkan self regulated learning siswa. Konselor, VV (N): pp. XX-XX.

Anderson, R.J, Goddard, L., & Powell, J.H. (2009). Social Problem-Solving Processes and Mood in College Students: An Examination of Self-report and Performance-based Approaches. Springer Science and Business Media, LLC, 33:175–186.

Bass, J., Poudyal, B., & Murray, L., et.al. (2012). A controlled trial of problem-solving counselling for war-affected adults in Aceh, Indonesia. Soc Psychiatry Psychiatr Epidemiol, 47:279–291

Coates, C., Malouff, J.M., & Rooke, S.E. (2008). Efficacy of Written Modeling and Vicarious Reinforcement in Increasing Use of Problem-Solving Methods by Distressed Individuals. The Journal of Psychology, 4, 413–425.

Corey, C., Corey, G., & Corey, M.S. (2014). Groups: Process and Practice (8rd ed.). New York: Brooks/Cole, Cengage Learning.

Cuijpers, P., Straten, A.V., & Warmerdam, L. (2010). Online cognitive behavioral therapy and problem-solving therapy for depressive symptoms: Exploring mechanisms of change. European Psychiatry, 41, 64 – 70.

D’Zurilla, T.J., Nezu, A.M. & Nezu, C.M. (2013). Problem-Solving Therapy: a treatment manual. New York: Springer Publishing Company, LLC.

Eskin, M. (2013). Problem Solving Therapy in the Clinical Practice. London: Elsevier Inc.

Ormrod, J.E. (2012). Human Learning (6th.ed.). New York: Pearson Education, Inc.




DOI: https://doi.org/10.26858/jppk.v5i1.8015

Article Metrics

Abstract view : 66 times | PDF view : 36 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Victor Gamma Kharisma;Budi Astuti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Published by:

Guidance and Counseling Study Program,

Graduate Program of Universitas Negeri Makassar

Address : Jalan Bonto Langkasa Gunungsari Baru Makassar,

90222 .Kampus PPs UNM Makassar, Building AD Room 306

Lt II Study Program BK, Indonesia

Email: jppk@unm.ac.id / ilhambakhtiar@unm.ac.id

p-ISSN : 2443-2202

e-ISSN : 2477-2518


JPPK UNM Indexed by:

 

Lisensi Creative Commons
JPPK UNM is licensed under a
Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-TanpaTurunan 4.0 Internasional.

 

View JPPK UNM My Stats