KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN METODE AUDIO LINGUAL DALAM PEMBELAJARAN KEMAMPUAN MENYIMAK BAHASA JERMAN

Muhammad Qudus(1*), Yusri Yusri(2),

(1) Universitas Negeri Yogyakarta
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/ijes.v20i2.4823

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk memeroleh data mengenai keefektifan penggunaan metode audio dalam pembelajaran kemampuan menyimak bahasa Jerman siswa kelas XII SMA Negeri 9 Makassar. Jenis penelitian ini adalah True Experimental Design (Pretest-Posttest Control Group Design) dan dianalisis dengan menggunakan analisis Uji-t. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA SMA Negeri 9 Makassar yang berjumlah 177 siswa. Sampel dipilih dengan menggunakan Random sampling yaitu siswa kelas XII IPA 2 yang berjumlah 31 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XII IPA 4 yang berjumlah 31 siswa sebagai kelas kontrol. Hasil analisis data th 7,45 > tt 2,000 menunjukkan bahwa penggunaan metode audio lingual efektif dalam pembelajaran kemampuan menyimak bahasa Jerman siswa.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 3001 times | PDF view : 2027 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 .



Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.