PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI SENYAWA HIDROKARBON KELAS XI SMAN 1 MAKASSAR

Mardiana ., Tabrani Gani, Hasri .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan perangkat pembelajaran yang valid, praktis, dan efektif; 2) mengetahui hasil belajar peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Makassar tahun pelajaran 2018/2019 setelah digunakan perangkat pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model Thiagarajan (Model 4-D)  dan uji coba perangkat pembelajaran yang  meliputi: RPP, LKPD, dan THB dilaksanakan  pada peserta didik kelas XI IPA 4 SMA Negeri 1 Makassar  dengan jumlah 34 orang. Hasil uji coba perangkat dalam penelitian ini menunjukan bahwa perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan memenuhi kriteria sangat valid, praktis dan efektif  digunakan. Kriteria sangat valid diperolah dari nilai rata-rata total keseluruhan aspek dari  RPP sebesar 3,86, LKPD sebesar 3,84, dan THB sebesar 3,81. Kriteria praktis diperoleh dari nilai rata-rata total keseluruhan aspek keterlaksanaan perangkat pembelajaran sebesar 1,68 dengan kategori terlaksana seluruhnya . Kriteria efektif dalam penelitian ini dilihat dari peningkatan pretest-posttest. Hal ini didukung oleh hasil perhitungan N- gain.

 

Kata kunci  : Pengembangan Perangkat, Model Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar

 

 

 

ABSTRACT

The study aims at (1) producing learning device which is valid, practical, and effective, (2) discovering the learning of grade XI at SMAN 1 Makassar of academic year 2018/2019 after the guided inquiri based learning device being used. The type of this study was development research which referred to Thiagarajan (4-d Model) and the test of learning device which covered RPP, LKPD and THB which implemented to grade XI IPA 4 students at SMAN 1 Makassar with the total of 34 students.  The result of the study reveals that the learning device developed has met the criteria of very valid, practical and effective to be applied. The very valid criteria are obtained from the average of the total aspects from RPP 3,86, LKPD 3,84 to beHasil uji coba perangkat dalam THB 3,81. The practical criterion is obtained from the average of the total aspects of learning device implementation by 1,68 with entirely implemented category. The effective criteria are based on the improvement of pretest and posttest. Is the supported by the result of N-Gain.

 

Keywords: Development of device, guided inquiry model, learning outcomes.

Full Text:

DOWNLOAD PDF


DOI: https://doi.org/10.26858/cer.v2i2.8955

Article Metrics

Abstract view : 27 times | DOWNLOAD PDF view : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal dipublikasikan oleh: Program Studi Pendidikan Kimia

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Alamat JL. Bonto Langkasa Gunung Sari Makassar, 90222

Kampus PPs UNM Makassar Gedung AD ruang 406 Lt 4, Indonesia.Phone 082393643737/085145825311/085242228678

CER Indexed by:

 

Creative Commons License
Chemistry Education Review (CER) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.