PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI POE PADA MATERI POKOK ASAM BASA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Sri Agustiani Basir
Muharram .
Muhammad Danial

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran proses pengembangan dan memperoleh kemasan perangkat pembelajaran dengan menggunakan strategi POE yang valid, praktis dan efektif pada materi pokok asam basa untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Produk pengembangan perangkat pembelajaran dengan menggunakan strategi POE pada materi pokok asam basa yang diujicobakan di SMA Negeri 1 Bulukumba berpedoman pada langkah-langkah pokok pengembangan pembelajaran model 4-D yang terbagi dalam empat tahapan yaitu: pendefenisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi: rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), buku peserta didik (BPD), lembar kegiatan peserta didik (LKPD), dan tes hasil belajar (THB). Data kevalidan diperoleh berdasarkan penilaian validator terhadap perangkat pembelajaran dan hasil kevalidan berada pada kategori “valid”. Data keefektifan yang diperoleh berdasarkan hasil belajar peserta didik yang memiliki rata-rata 80,00 dari skor ideal 100 dengan peserta tuntas belajar 30 orang atau sebesar 85,00 %, dan data respon peserta didik yang memberikan respon positif terhadap perangkat pembelajaran yang digunakan. Serta data kepraktisan diperoleh berdasarkan keterlaksanaan seluruh pembelajaran. Data menunjukkan bahwa memenuhi kriteria valid, efektif dan praktis.

 

Kata kunci: Kata kunci: Strategi POE, model 4-D, hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Dimyati dan Mujiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Farhana. 2016. Pengaruh Pembelajaran POE Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Hobri. 2009. Metodologi Penelitian Pengembangan. Jakarta: Proyek DIA-BERMUTU Program Pendidikan Matematika FKIP Universitas Jember.

Ipek. 2010. Using POE strategy to investigate student teachers’ understanding about the effect of substance type on solubility. Procedia Social and Behavioral Sciences, Vol. 2 No. 648-653 Tahun 2010.

Karamustafaoğlu, & Mamlok-Naaman, R. 2015. Understanding Electrochemistry Concepts Using The Predict-Observe- Explain Strategy. Eurasia Journal Of Mathematics, Science & Technology Education, 11(5), 923–936. Http://Doi.Org/10.12973/Eurasia.2015.1364a

Kibirige, I., J. Osodo, & K. M. Tlala. 2014. The Effect Of Predict-Observe-Explain Strategy on Learners' Misconceptions about Dissolved Salts. Mediterranean Journal of Social Sciences, Vol 5 No. 4.

Meltzer, D. 2002. The Relationship between Mathematics Preparation and Conceptual Learning Gains in Physics. A possible, Hidden Variabel, in Diagnostic Pretest Score. Department of Physics and Astronomy. Iowa: Iowa State Universiy Ames.

Nurdin. 2007. Model Pembelajaran Matematika Untuk Menumbuhkan Kemampuan Metakognitif Untuk Menguasai Bahan Ajar. Surabaya: Unesa.

OECD. 2013. PISA 2012 Results: What Students Know and Can Do- Student Performance in Mathematics, Reading and Science (Volume i). [Online]. Tersedia: http://www.oecd.org/pisa/keyfindings/pisa-2012-results-volume-I.pdf.

Riduwan, N.G., dan Engkos, A.K. 2008. Cara Menggunakan dan Memaknai Analisis Jalur (Path Analysis). Bandung: Alfabeta.

Rusman. 2011. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Thiagarajan, S. 1974. Instructional Development For Training Teacher of Expectional Children. Indiana University

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Dan Kontekstual. Jakarta : Kencana Prenada Media Group

Warpala, Subagia, & Suastra. 2010. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Untuk Mata Pelajaran Sains Smp, 4(0362).

Warsono. & Hariyanto. 2012. Pembelajaran Aktif Teori dan Assesmen. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Yupani, Garminah, & Mahadewi. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Predict-Observe- Explain (Poe) Berbantuan Materi Bermuatan Kearifan Lokal Terhadap Hasil Belajar.


Article Metrics

Abstract view : 73 times
PDF - 54 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal dipublikasikan oleh: Program Studi Pendidikan Kimia

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Alamat JL. Bonto Langkasa Gunung Sari Makassar, 90222

Kampus PPs UNM Makassar Gedung AD ruang 406 Lt 4, Indonesia.Phone 082393643737/085145825311/085242228678

CER Indexed by:

 

Creative Commons License
Chemistry Education Review (CER) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.