ANALISIS RELEVANSI MUATAN KURIKULUM PENDIDIKAN KIMIA DI PERGURUAN TINGGI DENGAN MUATAN KURIKULUM KIMIA BERBASIS K-13 DI SEKOLAH MENENGAH ATAS

Muhammad Risal
Muhammad Danial
Ramlawati .

Abstract


Telah dilakukan penelitian tentang relevansi muatan profesional kurikulum pendidikan kimia di Jurusan Kimia FMIPA UNM dengan muatan kurikulum kimia berbasis K-13 di SMAN 17 Makassar dan SMAN 7 Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei yang bertujuan untuk mengkaji muatan kurikulum kimia serta tingkat relevansi  kedua muatan kurikulum kimia tersebut. Pengumpulan data dilakukan dengan mengkaji muatan kurikulum pendidikan kimia di Perguruan Tinggi dengan muatan kurikulum kimia berbasis K-13 di SMA serta melakukan wawancara kepada civitas akademik Program Studi Pendidika Kimia FMIPA UNM, Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, dan para guru bidang studi kimia SMA. Penelitian ini menemukan bahwa terdapat 20 mata kuliah kimia yang wajib diprogram oleh mahasiswa Pendidikan Kimia dari semester I sampai semester VI serta terdapat 20 materi pokok  mulia dari kelas X sampai kelas XII pada muatan kurikulum Kimia SMA bebasis K-13. Persentase kesesuaian muatan profesional Kurikulum Pendidikan Kimia FMIPA UNM terhadap materi pokok Kimia SMA sebesar 95%, sementara persentase kesinambungan materi pokok Kimia SMA dengan mata kuliah sebesar 100%, Persentase muatan profesional Kurikulum Pendidikan Kimia di Perguruan Tinggi yang tidak masuk dalam muatan Kurikulum Kimia SMA berbasis K-13 adalah sebesar 5%, sehingga bisa disimpulkan bahwa kedua muatan kurikulum kimia tersebut memiliki tingkat kerelevanan dengan kategori sangat tinggi.

Kata kunci: Analisis Relevansi, Muatan Kurikulum Kimia Berbasis K-13, Muatan Profesional  Kurikulum PSPK.

Full Text:

PDF

References


Baswedan, Anies R. 2014. Gawat Darurat Pendidikan di Indonesia. Makalah disajikan dalam Silaturahmi Kementrian dengan Kepala Dinas, Jakarta, 1 Desember.

Bustan. 1 Agustus, 2013. UNM: 52 Tahun Mencerdaskan Bangsa. Tribun Timur.

Hamalik, Oemar. 2013. Dasar-Dasar pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Hussain, Afzaal, Ashiq Hussain Dogar, & Muhammad Azeem. 2011. Evaluation of Curriculum Development Process. European Social Sciences Research Journal. Vol. 1 No. 14.

Juangsih, Juju. 2014. Peran LPTK dalam Menghasilkan Guru Profesional. Wahana Didaktika,Vol. 12 No. 2 Mei 2014 : 72-83

Kemendikbud. 2013. Kurikulum 2013, Kompetensi Dasar SMA/MA. Jakarta.

Kemendikbud. 2014. Buku Kurikulum Pendidikan Tinggi. Jakarta: Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan.

Lozano, Rodrigo & Mary Katherine Watson. 2013. Chemistry Education for Sustainability: Assessing the Chemistry Curricula at Cardiff University. Educacion Quimica, Vol. 24. No. 2. ISSNE 1870-8404.

Salsabilla, Farri. 2013. Relevansi Kurikulum Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan dengan Dunia Kerja (Studi Kasus Guru Tik, Dinas Pendidikan, dan Lembaga Diklat). Semarang: Jurusan Kurikulum Dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.

Sukiman. 2015. Pengembangan Kurikulum Perguruan Tinggi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Syafaruddin. 2002. Manajemen Mutu Terpadu dalam Pendidikan Konsep, Strategi, dan Syah, Muhibbin. 2005. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Syahrial, M. Nazar, Fauziah, Riza Zulyani dan Emidiati. 2010. Relevansi Kurikulum Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Usyiah dengan Kompetensi Guru Kimia di SMA dan MA. Prosiding Evaluasi Pendidikan dan Penelitian, 168-172.

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Sinar Grafika: Jakarta, 2006.

Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Sinar Grafika: Jakarta, 2006.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.

Usman, M. Uzer. 2003. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.


Article Metrics

Abstract view : 31 times
PDF - 31 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal dipublikasikan oleh: Program Studi Pendidikan Kimia

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Alamat JL. Bonto Langkasa Gunung Sari Makassar, 90222

Kampus PPs UNM Makassar Gedung AD ruang 406 Lt 4, Indonesia.Phone 082393643737/085145825311/085242228678

CER Indexed by:

 

Creative Commons License
Chemistry Education Review (CER) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.