PERBEDAAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI IPA YANG DIBELAJARKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN INKUIRI TERBIMBING DI SMA NEGERI 1 MAJENE PADA MATERI POKOK SISTEM KOLOID
(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/cer.v0i0.3875
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ali. M. 2004. Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.
Arends, R.I. 2008. Learning to Teach Belajar untuk Mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Djaali. 2007. Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Eveline & Hartini. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Hadijah, S. 2014. Peningkatan Motivasi, Aktivitas, dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ekosistem Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning kelas VIIf SMP Negeri 3 Palopo. Tesis. Tidak diterbitkan. Makassar: Pascasarjana Universitas Negeri Makassar.
Haling, dkk. 2004. Belajar dan Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit UNM.
Hanafiah M,N. & Suhana C,M. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Rafika Aditama.
Jauhar, M. 2011. Implementasi PAIKEM dari Behavioristik sampai Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Karim, A. 2010. Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Fisika Melalui Pendekatan Pengajaran Quatum Setting Kooperatif Tipe STAD pada Siswa kelas VIIA SMPN 3 Palangga Kab. Gowa. Tesis. Tidak diterbitkan. Makassar: Pascasarjana Universitas Negeri Makassar.
Masyita. 2012. Eksplorasi. Proses Konstruksi Pengetahuan Matematika dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berdasarkan Gaya Kognitif Siswa Kelas VII MTSN Watampone. Tesis. Tidak diterbitkan. Makassar: Pascasarjana Universitas Negeri Makassar.
Ngalimun S. 2013. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Nurlaelah. 2013. Komparasi Motivasi dan Hasil Belajar Antara Siswa yang Diajar dengan Media Lingkungan dan Media Gambar dalam Pembelajaran Matematika Pada Kelas IV SDN 42 Sinjai Selatan. Tesis. Tidak diterbitkan. Makassar: Pascasarjana Universitas Negeri Makassar.
Paul S. 2007. Metodologi Pembelajaran Fisika. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
Ridha Y, 2012. Perbandingan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa SMA yang Diajar dengan Menggunakan Model Pembelajaran Share dan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. 2013. Tesis. Tidak diterbitkan. Makassar: Pascasarjana Universitas Negeri Makassar.
Roestiyah, N.K. 2008. Strategi Belajar Mengajar (Salah Satu Unsur Pelaksanaan Strategi Belajar Mengajar: Teknik Penyajian). Jakarta: Rineka Cipta.
Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Sagala, S. 2009. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sanjaya, W. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sardiman A.M. 2008. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Savery, J.R. 2006. Overview of Problem-based learning: Definitions and Distinctions. Interdisciplinary Journal of Problem-based Learning, 1(1), 9-20.
Sehe, Y. 2011. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kimia Berbasis Masalah (Studi Pada Materi Pokok Larutan Penyangga). Tesis. Tidak diterbitkan. Makassar: Pascasarjana Universitas Negeri Makassar.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudarmo, U. 2013. Buku Kimia Kelas XI Peminatan MIPA. Jakarta: Erlangga.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sumiati & Asra. 2008. Metode Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.
Suprijono, A. 2012. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suyanti, R.D. 2010. Strategi Pembelajaran Kimia.Yogyakarta: Graha Ilmu.
Syah, M. 2005. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Trianto, 2011. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Trianto, 2012. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana.
Trisulsiati. 2010. Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Fisika Melalui Pendekatan Pembelajaran Penemuan Terbimbing. Tesis. Tidak diterbitkan. Makassar: Pascasarjana Universitas Negeri Makassar.
Wena, M. 2013. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.
Yanti. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Kemandirian Belajar dan Peningkatan Kemampuan Penalaran dan Koneksi Matematik Peserta Didik SMPN 1 Kota Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan dan Keguruan Vol.1 No.1, artikel 2.
Article Metrics
Abstract view : 478 times | PDF view : 201 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal dipublikasikan oleh: Program Studi Pendidikan Kimia
Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
Alamat JL. Bonto Langkasa Gunung Sari Makassar, 90222
Kampus PPs UNM Makassar Gedung AD ruang 406 Lt 4, Indonesia.Phone 082393643737/085145825311/085242228678
CER UNM Indexed by:
Chemistry Education Review (CER) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.